Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbasis Open Ended pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Gender di SMP Negeri 5 Jember.

Vivi Widiya, Safitri (2020) Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbasis Open Ended pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Gender di SMP Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Vivi Widiya Safitri_T20167035.pdf

Download (16MB)

Abstract

Vivi Widiya Safitri, 2020: Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbasis Open Ended pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Gender di SMP Negeri 5 Jember. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Memecahkan Masalah, Open Ended, Teorema Pythagoras, Gender. Matematika memiliki peranan penting yang tidak bisa ditinggalkan dalam dunia pendidikan. Banyak siswa setelah belajar matematika, tidak mampu memahami bagian yang paling sederhana sekalipun karena konsep yang dipahami keliru. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa untuk menguasai sejumlah materi pelajaran, mengungkapan kembali dalam bentuk lain dan mampu mengaplikasikan konsep sesuai dengan struktur kognitif yang dimilikinya. Memecahkan masalah menunjukkan pemahaman konsep matematika yang sudah diterima dalam proses pembelajaran. Faktor gender mempengaruhi pemahaman konsep matematika, karena adanya perbedaan biologis dalam otak siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa laki-laki kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika berbasis open ended pada pokok bahasan teorema Pythagoras di SMP Negeri 5 Jember, 2) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa perempuan kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika berbasis open ended pada pokok bahasan teorema Pythagoras di SMP Negeri 5 Jember, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah empat siswa yang terpilih berdasarkan gender, terdiri dari dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan tes, Obsesvasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman konsep siswa laki-laki dalam memecahkan masalah matematika berbasis open ended pada pokok bahasan teorema Pythagoras dengan langkah penyelesaian masalah model polya memenuhi empat dari enam indikator pemahaman konsep, yaitu menerapkan konsep secara algoritma, mengklasifikasi objek berdasarkan konsep matematika, menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dan mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal. Dua indikator yang tidak dilakukan adalah tidak memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep yang dipelajari dan tidak menyajikan konsep dalam berbagai representasi, 2) Pemahaman konsep siswa perempuan dalam memecahkan masalah matematika berbasis open ended pada pokok bahasan teorema Pythagoras dengan langkah penyelesaian masalah model polya memenuhi empat dari enam indikator pemahaman konsep, yaitu menerapkan konsep secara algoritma, mengklasifikasi objek berdasarkan konsep matematika dan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari dan memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep yang dipelajari. Dua indikator yang tidak dilakukan adalah tidak menyajikan konsep dalam berbagai representasi dan tidak mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:10
Last Modified: 11 Apr 2022 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item