Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti berbasis informasi teknologi (IT) di Kelas X.3 SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Firdaus, Moh. (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti berbasis informasi teknologi (IT) di Kelas X.3 SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 004 - PAI - 2024)
MOH. FIRDAUS_201101010004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Informasi Teknologi

Pada masa sekarang ini, perkembangan dan pengaruh teknologi informasi di Indonesia sudah tidak dapat dihindari lagi. Dunia internet makin lama makin berkembang dengan pesat seiring dengan kemajuan zaman. Ini terlihat dari banyaknya tempat yang menyediakan sarana atau fasilitas internet untuk memperoleh informasi. Dan itu bukan hanya dapat dinikmati oleh kalangan atas saja, melainkan semua lapisan dapat menikmatinya dengan biaya yang lebih ringan. Tentang teknologi informasi dan komunikasi, komputer merupakan suatu media elektronik yang memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan yang terjadi saat ini.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1).Bagaimanakah perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis informasi teknologi (IT) pada kelas X.3 di SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. (2). Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis informasi teknologi (IT) pada kelas X.3 di SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. (3).Bagaimanakah evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis informasi teknologi (IT) pada kelas X.3 di SMA Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis informasi teknologi (IT) pada kelas X.3 di SMA Negeri 1 JemberTahunPelajaran2023/2024.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Menurut Bogdan dan Taylor, metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/ kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil Penelitian Menunjukkan kemampuan siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis teknologi yang menggunakan LMS memudahkan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Perencanaan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) berbasis LMS (Learning Management System) melibatkan identifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan materi yang sesuai, pengembangan aktivitas, dan penilaian yang relevan. Pelaksanaannya melibatkan penggunaan platform LMS untuk menyampaikan materi, tugas, diskusi, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dan efektivitas penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100605 Performance Evaluation; Testing and Simulation of Reliability
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Moh. Firdaus
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:04
Last Modified: 02 Jul 2024 05:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33876

Actions (login required)

View Item View Item