Pengembangan alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember

Susanti, Rizqi Arofani (2024) Pengembangan alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-004-IPA-2024)
Rizqi Arofani Susanti WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata kunci : Alat peraga, filtrasi air, Suplemen pembelajaran, Pencemaran Lingkungan
Penelitian ini dilatar belakagi karena proses pembelajaran yang cenderung monoton sehingga memberikan efek kejenuhan pada siswa, yang pada akhirnya mengurangi efektivitas proses pembelajaran dan menghambat keterampilan siswa. Maka dari itu, peneliti mengembangkan alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen dalam pembelajaran IPA dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan siswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimana hasil validitas alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember. 2) bagaimana kepraktisan alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember. 3) bagaimana hasil respons siswa terhadap alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan hasil validitas alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember. 2) mendeskripsikan kepraktisan alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember. 3) mendeskripsikan hasil respons siswa terhadap alat peraga filtrasi air sederhana sebagai suplemen pembelajaran IPA pada materi pencemaran lingkungan di MTs Annuriyyah Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) hasil validasi ahli diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 89,4% dengan kategori “Sangat Valid”. 2) Hasil uji kepraktisan mendapatkan hasil yang tinggi yaitu 97,5 % dengan kategori “Sangat Praktis”. 3) hasil keseluruhan respons siswa diperoleh persentase nilai rata-rata sebesar 89,5% dengan kategori “Sangat Menarik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Rizqi Arofani Susanti
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:18
Last Modified: 04 Jul 2024 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33881

Actions (login required)

View Item View Item