Jual beli akun instagram menurut undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonomi syariah

Safitri, Novita (2024) Jual beli akun instagram menurut undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan kompilasi hukum ekonomi syariah. Undergraduate thesis, UIN KH. Achamd Siddiq Jember.

[img] Text (SK-007-HES-2024)
NOVITA DEVI SAFITRI_205102020039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Novita Devi Safitri, 2023: Jual Beli Akun Instagram Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.
Kata Kunci : Jual Beli, Akun Instagram, Undang-undang, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan elemen penting yang menuntut perhatian penuh dari masyarakat kontemporer. Dalam lingkungan digital ini, fenomena jual beli tidak hanya mencakup barang berwujud, tetapi juga komoditas virtual, salah satu jual beli yang menggunakan teknologi sebagai medianya adalah jual beli akun Instagram. Sehingga menimbulkan pertanyaan apakah jual beli akun ini mengandung unsur tipuan (gharar) atau tidak ? Dan apakah sudah sesuai dengan Undang-undang dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah ?.
Fokus masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana praktek transaksi jual beli akun Instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik? 2) Bagaimana hukum jual beli akun Instagram menurut Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah?
Skripsi ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan dan mengetahui praktek transaksi jual beli akun Instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik? 2) untuk menjelaskan hukum jual beli akun Instagram menurut Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris. Dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh saat penelitian di aplikasi Instagram. Data penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jual beli akun Instagram yang banyak ditemukan di dalam transaksi elektronik tidak jauh berbeda dengan jual beli online yang lain, yang membedakan yaitu terletak pada objek jual beli akun Instagram, yang mana objek jual belinya tidak berupa barang yang nyata tetapi berbentuk akun yang sifatnya maya. Sedangkan di tinjau dari Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik praktik jual beli akun Instagram mengungkapkan perspektif dari sudut pandang pasal 17 hingga 21, jual beli akun Instagram tampaknya selaras dengan peraturan yang mengatur transaksi elektronik. Ditinjau dari Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah dalam hal objek yang dipejualbelikan tidak jelas wujud, maka syarat dan rukun dari jual beli tersebut tidak terpenuhi. Kemudian kedua, dilihat dari sisi manfaat dalam jual beli akun Instagram ini cenderung banyak mendatangkan kemudharatan serta rawan terjadinya penipuan, sehingga salah satu pihak merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Novita Safitri
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:14
Last Modified: 17 Jul 2024 01:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33888

Actions (login required)

View Item View Item