Implementasi Tes Lisan Dalam Meningkakan Antusiasme Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2019/2020

Hikmatul, Muazizah (2020) Implementasi Tes Lisan Dalam Meningkakan Antusiasme Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Hikmatul Muazizah_T20151190.pdf

Download (9MB)

Abstract

Hikmatul Muazizah, 2020, Implementasi Tes Lisan Dalam Meningkakan Antusiasme Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Darul Hikmah Tamansari Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2019/2020 Tes lisan dipilih guru untuk diimplementasikan pada mata pelajaran alQur’an Hadits di MA Darul Hikmah karena masih banyaknya siswa yang kurang berantusias ketika belajar, terutama pada pelajaran agama seperti al-Qur’an Hadits. Padahal pelajaran tersebut adalah pelajaran yang paling dasar dan pokok yang harus dikuasai siswa terutama siswa yang bersekolah di sekolah bertaraf keagamaan seperti Madrasah Aliyah. Oleh karenanya untuk mengatasi hal tersebut, guru kemudian menerapkan tes lisan berupa hafalan ayat dan hadits untuk meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Selain itu juga digunakan guru untuk mengoreksi dan melatih bacaan alQur’an siswa agar lebih baik dan lancar. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi tes lisan dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran alQur’an Hadits? 2) Apa faktor pendukung implementasi tes lisan dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits? 3) Apa faktor penghambat implementasi tes lisan dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi tes lisan dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. 2)Untuk mendeskripsikan faktor pendukung implementasi tes lisan dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. 3)Untuk mendeskripsikan faktor penghambat implementasi tes lisan dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research. Penentuan subyek penelitian dengan Purposive Sampling dan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawncara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan Triangulasi sumber dan teknik serta Analisis Data menggunakan Kondensasi, Penyajian data dan Kesimpulan. Hasil penelitian pada skripsi ini yaitu: Pertama, implementasi tes lisan berupa hafalan ayat al-Qur’an dan Hadits belum terlaksana dengan baik, dikarenakan adanya faktor penghambat dari guru dan siswa. Kedua, faktor pendukung implementasi tes lisan diantaranya: karena diterapkan di pelajaran agama, lingkungan yang mendukung. Terakhir, faktor penghambat implementasi tes lisan diantaranya: faktor dari siswa, guru dan pelaksanaanya. Dari siswa diantaranya; minimnya kemauan belajar, rasa malas dan bacaan al-Qur’an kurang lancar. Faktor penghambat dari guru diantaranya; guru tidak konsisten dan kurang tegas dalam penerapan tes lisan. Faktor penghambat dari pelaksanaannya yaitu butuh waktu lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:04
Last Modified: 14 Apr 2022 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3390

Actions (login required)

View Item View Item