Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Tebak Kata Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussholah Tahun Pelajaran 2023/2024

Khasanah, Uswatun (2024) Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Tebak Kata Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussholah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-020-IPS-2024)
Skripsi Uswatun Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Tipe Tebak Kata, Minat Belajar
Berdasarkan latar belakang penelitian yang telah ditemukan di SMP Plus
Darussholah, terdapat pemilihan model pembelajaran yang kurang bervariasi yang
digunakan oleh guru IPS. Model pembelajaran yang sering digunakan yaitu model
konvensional yang dimana berpusat pada satu arah antara guru dan siswa dalam
penyampaian materi, sehingga didalam proses pembelajaran mengakitkan siswa
merasa jenuh,bosan dan minat belajar IPS menjadi rendah. Model Pembelajaraan
Kooperatif Tipe Tebak Kata dapat dijadikan model alternatif lain dalam
mendorong siswa lebih aktif dan bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe tebak kata terhadap minat belajar yang mendapatkan penerapan perlakuan
model tebak kata dengan kelas yang menerapkan model konvensional pada materi
keunggulan dan keterbatasan anntarruang dalam permintan,penawaran dan
teknologi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian Quasy
Eksperiment. Desain penelitian yang digunakan Non-Equivalent Control Group
Design.. Yaitu desain ini mirip dengan Pretest-Posttest Control Group Design.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes (angket), observasi
dan dokumentasi. Uji instrument yang digunakan dalam penelitian menggunakan
uji validitas, uji reabilitas, setelah itu dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas
dan uji homogenitas sebelum dianalisis data dilanjutkan dengan uji hipotesis
dengan menggunakan Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian analisis data dalam penelitian menggunakan Independent
Sample T-Test. Melalui program SPSS versi 22 Diperoleh nilai sig (2-tailed)
sebesar 0,000 nilai tersebut menunjuukan bahwa nilai sig (2-tailed) < 0,05,
sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya
terdapat pengaruh model pembelajran kooperatif tipe tebak kata terhadap minat
belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Plus Darussholah tahun
pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Uswatun Khasanah
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:14
Last Modified: 03 Jul 2024 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33926

Actions (login required)

View Item View Item