Strategi penyampaian pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Salsabila, Rizka Nisfi Sauma (2024) Strategi penyampaian pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 005 - PAI - 2024)
Rizka Nisfi Sauma Salsabila_202101010011-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Penyampaian, Sejarah Kebudayaan Islam
Strategi penyampaian pembelajaran merupakan cara guru untuk memilih,
menentukan, menerapkan media pembelajaran, interaksi dengan media dan
struktur pembelajaran untuk menyampaikan materi kepada siswa. Strategi
penyampaian pembelajaran menitikberatkan pada media apa yang digunakan
untuk menyampaikan pembelajaran, kegiatan belajar apa yang dilakukan siswa
dan struktur belajar mengajar yang bagaiamana yang digunakan.
Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini sebagai berikut: (1)
Bagaimana penggunaan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada
peserta didik di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? (2)
Bagaimana interakasi belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Kebudayan
Islam di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? (3)
Bagaimana bentuk belajar mengajar yang digunakan dalam proses pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran
2023/2024?.
Tujuan penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: (1)Untuk
mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
pada peserta didik di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
(2) Untuk mendeskripsikan interaksi belajar peserta didik pada pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun Pelajaran
2023/2024. (3) Untuk mendeskripsikan bentuk belajar mengajar Sejarah
Kebudayaan Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Ashri Jember Tahun
Pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan peneliti yakni menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
Analisis data mengguanakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber
dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Penggunaan media pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Ashri Jember yaitu menyesuaikan
dengan materi yang akan disampaikan. Seperti contoh pada materi “pemilihan
khulafaur rasyidin Abu Bakar Ash Shiddiq” menggunakan media audiovisual
yaitu gambar atau video yang ditampilkan melalui LCD dan proyektor. (2)
Interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan media pembelajaran ketika
penyampaian isi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah interaksi satu
arah dan dua arah dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu metode
ceramah, metode diskusi dan metode tanya jawab. (3) Bentuk belajar mengajar
yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di Madrasah Aliyah Ashri Jember yaitu berbentuk kelompok kecil dan
menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Nisfi Sauma Salsabila
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:33
Last Modified: 02 Jul 2024 05:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33927

Actions (login required)

View Item View Item