Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember Tahun pelajaran 2019/2020.

DIAH SEPTIANI, RINDI ANTIKA (2020) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
DIAH SEPTIANI RINDI ANTIKA_T20167006.pdf

Download (8MB)

Abstract

Diah Septiani Rindi Antika, 2020: Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Representasi Matematis, Menyelesaikan Masalah Matematika, Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Gaya Belajar Kemampuan representasi matematis adalah proses mernyampaikan ide atau gagasan yang bersifat abstrak ke dalam bentuk yang konkrit agar lebih dipahami oleh orang lain. Penyampaian ide atau gagasan dapat berupa bentuk visual, simbol dan verbal sebagai alat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda-beda dalam memunculkan suatu ide atau gagasan untuk mencari suatu permasalahan matematika. Perbedaan setiap siswa dalam mempresentasikan pemikiran mereka karena setiap orang memiliki kemampuan otak yang berbeda-beda dalam menyerap, mengelola dan menyampaikan informasi sehingga cara belajarpun berbeda- beda setiap orang. Cara belajar itu kemudian dikenal dengan gaya belajar. Secara umum gaya belajar ada tiga macamyaitu gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Setiap siswa memilik satu gaya belajar yang dominan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah matematika sistem pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII di SMP Negeri 1 Jember. 2) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan masalah matematika sistem pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII di SMP Negeri 1 Jember. 3) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika sistem pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII di SMP Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah enam orang siswa yang dipilih berdasarkan gaya belajar yang terdiri dari dua siswa gaya belajar visual, dua siswa gaya belajar auditorial, dan dua siswa gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual yaitu mampu memenuhi semua dari empat indikator kemampuan representasi matematis. 2) Kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yaitu mampu memenuhi semua dari empat indikator kemampuan representasi matematis. 3) Kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yaitu mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan representasi matematis. Namun kurang mampu memenuhi indicator menjawab soal dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:40
Last Modified: 14 Apr 2022 06:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item