Implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Di SMP Negeri 1 Jember

Nissa, Khoirun (2024) Implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Di SMP Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 009 - PAI - 2024)
KHOIRUN NISA_202101010071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Khoirun Nissa, 2024: Implementasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 1 Jember

Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan tekhnologi yang pesat berdampak terjadinya penurunan nilai moral, akhlak dan perilaku siswa seperti kurangnya sopan santun terhadap orang yang lebih tua, kurang disiplin dan kurang bertanggung jawab. Hal tersebut yang dianggap sepele apabila dibiarkan akan menimbulkan kebiasaan buruk yang sulit untuk diubah kedepannya. Sehingga penerapan dimensi profil pelajar Pancasila perlu diwujudkan dalam lembaga pendidikan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1)Bagaimana perencanaan implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember. 2) Bagaimana proses implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember. 3) Bagaimana penilaian implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember?
Tujuan penelitian ini untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember. 2)Mendeskripsikan proses implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember. 3)Mendeskripsikan penilaian implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember dilakukan dengan memahami Capaian Pembelajaran (CP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar. Guru juga merancang kegiatan pembiasaan yang menekankan pada penguatan karakter profil pelajar Pancasila. 2) Proses implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember dilakukan dengan tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inquiry learning dengan diskusi yang mengembangkan dimensi profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa, berakhlak mulia, gotong royong, berkebhinekaan global, dan bernalar kritis melalui kegiatan diskusi. 3) Penilaian implementasi dimensi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Jember dilakukan melalui asesmen diagnostik, formatif dan sumatif, dengan menggunakan berbagai metode seperti tes tertulis, observasi perilaku, dan penilaian diri siswa, yang bertujuan untuk mendorong pengembangan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirun Nissa
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:46
Last Modified: 02 Jul 2024 04:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33966

Actions (login required)

View Item View Item