Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mendukung kesadaran lingkungan Siswa Melalui Program Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 7 Jember

Munawaroh, Anisatul (2024) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mendukung kesadaran lingkungan Siswa Melalui Program Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 013 - PAI - 2024)
ANISATUL M - SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Lingkungan Siswa, Sekolah Adiwiyata.
Pembelajaran PAI memiliki peranan penting dalam membentuk akhlak mulia terhadap anak didik. Karena dengan akhlak yang baik menjadikan siswa memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi. Untuk mewujudkan hal tersebut dapat didukung melalui implementasi pembelajaran PAI. Sebelum diterapkannya program sekolah Adiwiyata, SMP Negeri 7 Jember memiliki kondisi lingkungan sekolah yang masih minim akan kesadaran lingkungan. Adiwiyata merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga sekolah tentang pelestarian lingkungan.
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan implementasi pendidikan agama Islam dalam mendukung kesadaran lingkungan siswa melalui program sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 7 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mendukung kesadaran lingkungan siswa melalui program sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 7 Jember? (3) Bagaimana penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mendukung kesadaran lingkungan siswa melalui program sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 7 Jember?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field reseach. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada tahap pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu (1) Perencanaan pembelajaran meliputi a) Perumusan tujuan pembelajaran dengan mengaitkan program sekolah Adiwiyata dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai wujud karakter beragama, b) Penetapan materi pembelajaran c) Pemilihan sarana dan prasarana, d) Penetapan metode dan model pembelajaran e) Penetapan evaluasi pembelajaran. (2) Pelaksanaan dilaksanakan melalui 3 langkah yakni: a) Kegiatan Pendahuluan, b) Kegiatan Inti, c) Kegiatan Penutup, implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam mendukung kesadaran lingkungan siswa melaluiprogram sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 7 Jember yakni melalui aksi kegiatan yang didalamnya banyak mengandung aspek pendidikan agama Islam yakni, dengan menjaga kebersihan lingkungan, melakukan kegiatan penghijauan, dan menjaga lingkungan dari kerusakan. (3) Penilaian pembelajaran yakni penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan terkait pendidikan agama Islam dalam mendukung kesadaran lingkungan siswa melalui program sekolah Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Anisatul Munawaroh
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:44
Last Modified: 02 Jul 2024 04:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33969

Actions (login required)

View Item View Item