Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Suggestopedia Terhadap Motivasi Belajar Matematika Materi Fungsi Kelas X Di SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong Tahun Pelajaran 2019/2020.

Evi Takrimatul, Ailiyyah (2020) Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Suggestopedia Terhadap Motivasi Belajar Matematika Materi Fungsi Kelas X Di SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Evi Takrimatul Ailiyyah_T20167037.pdf

Download (20MB)

Abstract

Evi Takrimatul Ailiyyah, 2020. Pengaruh Pembelajaran Dengan Metode Suggestopedia Terhadap Motivasi Belajar Matematika Materi Fungsi Kelas X Di SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Metode Suggestopedia, Motivasi Belajar, Matematika. Metode Suggestopedia adalah salah satu metode pembelajaran yang dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang rilex dalam menerima pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar. Jika peserta didik termotivasi dalam belajar maka mereka akan menunjukkan perubahan tingkah laku mejadi lebih baik, seperti giat belajar, mengerjakan tugas secara mandiri, dan hasil belajar akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar Matematika siswa materi fungsi sebelum menggunakan metode Suggestopedia kelas X di SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong (2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar Matematika siswa materi setelah menggunakan metode Suggestopedia kelas X di SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong dan (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan metode Suggestopedia terhadap motivasi belajar Matematika siswa materi fungsi kelas X di SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian yaitu The Nonquivalent Pretest Posttest Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Berdasarkan pengisian angket motivasi belajar sebelum menggunakan metode suggestopedia rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 17,86, dan pretest kelas kontrol adalah 17,82. 2) Berdasarkan pengisian angket motivasi belajar setelah menggunakan metode suggestopedia rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 20,09 dan posttest kelas kontrol adalah 18,09. 3) Pengaruh metode suggestopedia terhadap motivasi belajar matematika materi fungsi di kelas X SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong dilihat berdasarkan uji t pretest nilai thitung = 0,54 < ttabel = 0,2018, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan hasil uji t posttest nilai thitung = 0,2333 > ttabel = 0,2018, nilai signifikannya sebesar 0,025 yang artinya nilai signifikannya < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya posttest terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode suggestopedia terhadap motivasi belajar matematika materi fungsi X di SMA Unggulan Hafsa Zainul Hasan BPPT Genggong tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:57
Last Modified: 18 Apr 2022 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item