Pemberdayaan komunitas perempuan disabilitas dalam meningkatkan kreativitas melalui keterampilan handycraft di desa tosaren kecamatan pesantren kabupaten kediri

Hasanah, siti Munadhirotul (2024) Pemberdayaan komunitas perempuan disabilitas dalam meningkatkan kreativitas melalui keterampilan handycraft di desa tosaren kecamatan pesantren kabupaten kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK SKRIPSI SITI MUNADHIROTUL HASANAH 205103020024 PMI 20.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Munadhirotul Hasanah, 2024 : Pemberdayaan Komunitas Perempuan Disabilitas Dalam Meningkatkan Kreativitas Melalui Keterampilan Handycraft Di Desa Tosaren Kecamatan Pesantren Kabupaten Kediri.
Kata Kunci : Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas, Keterampilan Handycraft.

Di Indonesia, penyandang disabilitas sering disebut sebagai obyek dan mendapat bantuan dari orang lain, organisasi, dan masyarakat untuk mengidentifikasi dirinya. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penyandang disabilitas hidup dalam kemiskinan. Oleh karena itu, banyak penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan fisik terbatas namun kemampuan kognitifnya relatif tinggi. Penyandang disabilitas memiliki tingkat kreativitas yang tinggi, namun mereka tidak memiliki kesempatan untuk menunjukkan bakatnya.
Komunitas Perempuan Disabilitas merupakan wadah dimana para penyandang disabilitas dapat berkomunikasi dan menerima informasi. Komunitas Perempuan Penyandang Disabilitas merupakan wadah dimana masyarakat berkumpul untuk berbagi ide, inspirasi, dan kreatifitas serta belajar dari pengalaman para penyandang disabilitas lainnya. Berkat dorongan positif dari Komunitas Perempuan penyandang disabilitas, para penyandang disabilitas yang bergabung dapat mengeksplorasi hal-hal unik dalam dirinya tanpa merasa “ditidakmampukan” dalam hal apa pun. Adanya pemberdayaan melalui keterampilan handycraft, kini mereka mampu menghadapi segala tantangan meskipun mereka menanganinya dengan cara yang berbeda namun mereka memiliki potensi dan kemandirian.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan komunitas perempuan disabilitas dalam meningkatkan kreativitas melalui keterampilan handycraft di Desa Tosaren Kecamatan Pesantren Kabupaten Kediri dan bagaimana hasil/manfaat pemberdayaan komunitas perempuan disabilitas dalam meningkatkan kreativitas melalui keterampilan handycraft di Desa Tosaren Kecamatan Pesantren Kabupaten Kediri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode seperti observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan, analisis data menggunakan model analisis data interaktif Milles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Tahapan-tahapan penelitian yang dilakukan dengan tahapan pra lapangan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan penyelesaian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses pemberdayaan penyandang disabilitas melalui keterampilan handycraft oleh komunitas perempuan disabilitas kabupaten kediri sudah berjalan dengan baik. Mulai dari bagaimana pelaksanaan pelatihan keterampilan handycraft, seperti apa pemberdayaan yang dilakukan, bagaimana tingkat keberhasilannya, Kegiatan keterampilan handycraft memberikan hasil yang positif untuk para penyandang disabilitas dalam bidang ekonomi dan sosialnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Munadhirotul Hasanah
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:24
Last Modified: 25 Jun 2024 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33972

Actions (login required)

View Item View Item