Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Pada AKun @ifta.athiyah

Lintangayu, Kusumadewi (2024) Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Pada AKun @ifta.athiyah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-LINTANG AYU KUSUMA DEWI WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Pemanfaatan, Tiktok, Media Dakwah
Hadirnya aplikasi Tiktok dalam proses komunikasi yang berfungsi sebagai media pengantar pesan, memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam proses interaksi yang terjadi di tengah masyarakat. Aplikasi Tiktok tidak hanya berfungsi sebagai media pengantar pesan saja, namun dalam aplikasi Tiktok, kita dapat memanfaatkannya dalam berbagai hal, seperti sebagai media untuk memperoleh informasi, media untuk mencari hiburan, media untuk mendapatkan penghasilan, media pembelajaran serta media untuk menyampaikan pesan dakwah pada proses kegiatan dakwah. Maka dalam penelitian ini, peneliti fokus membahas manfaat aplikasi Tiktok sebagai media dakwah pada akun @ifta.athiyah
Fokus dari penelitian ini adalah : 1. . Bagaimana proses mengelola akun @ifta.athiyah sebagai media dakwah pada akun @ifta.athiyah? 2. Bagaimana pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai media dakwah pada akun @ifta.athiyah? Tujuan dari penelitian ini : 1. Untuk mengetahui proses mengelola akun @ifta.athiyah sebagai media dakwah pada akun @ifta.athiyah. 2. Untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai media dakwah pada akun @ifta.athiyah.
Metode yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan 3 metode yakni dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pengecekan keabsahan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan memperpanjang waktu pengamatan, menggunakan triangulasi antarmetode, memperbanyak bahan referensi, serta melakukan pengecekan ulang data yang diperoleh peneliti kepada narasumber yang telah memberikan informasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1 Proses pengelolaan akun Tiktok sebagai media dakwah meliputi relevansi isi konten dengan persoalan masyarakat,memiliki karakteristik, menjaga konsistensi, respon pengelola terhadap tantangan yang dihadapi, dan yang terakhir peneliti mencantumkan langkah-langkah akun @ifta.athiyah saat proses mendistribusikan pesan pada masyarakat. (2) Manfaat penggunaan aplikasi Tiktok sebagai media dakwah ialah: Tiktok sebagai media yang dapat menjangkau lebih luas sasaran dakwah, Tiktok sebagai media yang dapat memikat viewers, dan pemanfaatan fitur pada aplikasi Tiktok dalam efektifitas dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Lintang Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:43
Last Modified: 26 Jun 2024 01:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33977

Actions (login required)

View Item View Item