Susanti, Vera (2024) Strategi pendampingan marketing oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-008-ES-2024)
VERA SUSANTI_201105020015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pendampingan, PLUT, UMKM.
Strategi pendampingan marketing adalah sebuah metode untuk membantu
UMKM atau pengusaha kecil dalam mengembangkan strategi pemasaran mereka.
Strategi ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan,keterampilan, dan
kemampuan pengusaha dalam memasarkan produk atau layanan mereka secara
efektif. Pendampingan marketing dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
pelatihan, konsultasi, pendampingan teknis, dan promosi. Oleh karena itu strategi
pendampingan marketing dapat menjadi alat yang sangat berharga bagi UMKM
atau pengusaha kecil yang ingin meningkatkan kinerja pemasaran mereka.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Apa strategi
pendampingan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) terhadap pelaku Usaha
Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember?, 2. Apa yang menjadi
kendala pendampingan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) terhadap pelaku
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember?, 3. Apa solusi atas
kendala pendampingan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) terhadap Usaha
Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember?.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pendampingan yang
diterapkan PLUT terhadap UMKM di Kabupaten Jember, kemudian kendala yang
dialami selama pendampingan, dan solusi atas kendala pendampingan PLUT
Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian, dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Strategi pendampingan meliputi:
Pendampingan Individual, Pelatihan dan Bimbingan Teknis, Konsultasi,
Monitoring dan Evaluasi, dan Workshop. Dengan adanya strategi pendampingan
PLUT dapat membantu pelaku UMKM di Kabupaten Jember untuk meningkatkan
daya saing dan pertumbuhan bisnis mereka. 2. Kendala dalam pendampingan
PLUT terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Jember bisa meliputi: Keterbatasan
Sumber Daya Manusia (SDM), Keterbatasan Anggaran, Ketidakmampuan
UMKM dalam Memahami Teknologi, Kurangnya Kesadaran dan Pemahaman
Pelaku UMKM, dan Kapasitas PLUT yang Terbatas. 3. Solusi dalam mengatasi
kendala dalam pendampingan PLUT meliputi: melakukan rekrutmen dan
pelatihan staf, menambah anggaran dengan bekerja sama, melakukan
pendampingan secara bertahap, membentuk forum komunikasi antar pelaku
UMKM, dan menyediakan infrastruktur yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Vera Susanti |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 05:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33983 |
Actions (login required)
View Item |