Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Wizer.Me Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ips Di SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2023/2024

Alvinatussaadah, Vina (2024) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Wizer.Me Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ips Di SMPN 1 Ajung Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Uin Khas Jember.

[img] Text (SK-009-IPS-2024)
REVISIan skripsi vina PALINGGG fixx BGTT (1) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Negeri 1
Ajung, terdapat penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi yang
digunakan oleh guru IPS. Media pembelajaran yang sering digunakan adalah media
cetak yang monotan sehingga siswa menjadi bosan dan kurang dalam memahami
materi yang disampaikan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh
karena itu, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah
satunya dengan menerapkan media pembelajaran interaktif
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas media
pembelajaran interaktif berbasis web Wizer.Me untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VII SMPN 1 Ajung Tahun Pelajaran
2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi Experimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah One Group
Pretest Posttest yaitu desain penelitian dengan menggunakan pretest posttest
design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, dan
dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reabilitas,
tingkat kesukaran, dan daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan
teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan Independent
Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Independent Sample Ttest diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut menunjukkan bahwa
nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif
(Ha) diterima. Artinya terdapat keefektifitasan media pembelajaran interaktif
berbasis web wizer,me terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS kelas
VII di SMPN 1 Ajung Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Vina Alvinatus Saadah
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:54
Last Modified: 03 Jul 2024 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33991

Actions (login required)

View Item View Item