Pengembangan media evaluasi pembelajaran interaktif berbasis Games melalui Platform wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MIN 3 Jember

Inayah, Naily (2024) Pengembangan media evaluasi pembelajaran interaktif berbasis Games melalui Platform wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di MIN 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 025 - PGMI - 2024)
NAILY INAYAH_201101040029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Naily Inayah, 2024: Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Interaktif
Berbasis Games Melalui Platform Wordwoll Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas III di Min 3 Jember
Kata kunci: evaluasi pembelajaran, wordwall.net, hasil belajar.
Evaluasi pembelajaran adalah cara sistematis untuk menilai sejauh mana
peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran, hal ini melibatkan pengumpulan
data yang berkelanjutan tentang proses dan hasil pembelajaran, dan mengatasi
masalah yang muncul di lapangan, seperti kurangnya motivasi siswa terhadap
evaluasi konvensional, yang membuat peserta didik merasa jenuh dan kurang
tertarik, yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Oleh karena
itu, peneliti ingin mengembangkan produk media evaluasi pembelajaran berbasis
games melalui Platform Wordwall.net untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
III di MIN 3 Jember.
Permasalahan yang diteliti yaitu:1) Bagaimana pengembangan media
evaluasi pembelajaran Interaktif berbasis games melalui Platform wordwall pada
kelas III di MIN 3 Jember ? 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media evaluasi
pembelajaran Interaktif berbasis games melalui Platform wordwall kelas III di MIN
3 Jember? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan
produk pengembangan media evaluasi berbasis games melalui platform wordwall
kelas III di MIN 3 Jember? Tujuan penelitian ini yaitu:1) Menghasilkan produk
yang berupa media evaluasi pembelajaran Interaktif berbasis games melalui
platform wordwall kelas III 2) Mengetahui kelayakan media evaluasi berbasis
games melalui platform wordwall kelas III. 3) Mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa setelah menggunakan produk pengembangan media evaluasi berbasis
games melaui platform wordwall kelas III.
Penelitian ini menggunakan metode (R&D)Research and Development,
dengan model ADDIE.Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara,angket,
dokumentasi dan tes,sedangkan analisis data menggunakan uji kevalidan,uji t.
Hasil penelitian menghasilkan sebuah media evaluasi pembelajaran
interaktif berbasis games dengan berbantu platfom wordwall yang dapat di akses
secara online dengan melalui link yang telah di bagikan. Media evaluasi ini juga
meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa,serta membantu pendidik dalam
menilai hasil pembelajaran secara otomatis. Hasil rata-rata keseluruhan para ahli
yaitu 94% dengan rincian nilai rata-rata ahli media, ahli evaluasi,ahli materi dan
ahli praktisi sebesar 89, 2%, 92%, 95%, 85,3%, sehingga evaluasi pembelajaran
berbasis games ini layak untuk digunakan, selain itu hasil analisis uji menggunakan
aplikasi SPSS,menunjukkan bahwa nilai t yang dihasilkan 3.159 dengan tingkat
signifikansi α 0,05 sehingga nilai t tabel adalah 2,052. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yang mengindikasikan
bahwa tindakan yang dilakukan dalam penelitian memiliki dampak yang signifikan
terhadap hasil yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,dapat
disimpulkan bahwa media evaluasi pembelajaran Interaktif berbasis games melalui
platform Wordwall ini valid dan layak untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naily Naily Inayah
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:56
Last Modified: 03 Jul 2024 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34002

Actions (login required)

View Item View Item