Penerapan Asas Pelayanan Publik dalam Pendaftaran Calon Legislatif melalui Sistem Informasi Pencalonan Guna Peningkatan Kualitas Pelayanan Pemilu 2024 (Studi KPU Jember)

Hanafi, Herlin (2024) Penerapan Asas Pelayanan Publik dalam Pendaftaran Calon Legislatif melalui Sistem Informasi Pencalonan Guna Peningkatan Kualitas Pelayanan Pemilu 2024 (Studi KPU Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-034-HTN-2024)
Dokumen dari Herlin.H.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Herlin Hanafi, 2024: Penerapan Asas Pelayanan Publik dalam Pendaftaran Calon Legislatif melalui Sistem Infromasi Pencalonan guna Peningkatan Kualitas Pelayanan Pemilu 2024 (Studi KPU Jember)

Kata Kunci: Penerapan Asas Pelayanan Publik, Pendafataran Calon Legislatif, SILON

Pemilu di Indonesia aspek terpenting dalam bernegara, yang dipertanggungjawabkan kepada KPU sebagai penyelenggara pemilu termasuk dalam pendaftaran caleg melalui SILON dengan mengaitkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Asas Pelayanan Publik. Dengan adanya sistem ini, diperuntukkan guna mengefisien dalam memfasilitasi saat proses pendaftaran calon legislatif.
Dalam penelitian ini terdapat 2 fokus penelitian yakni: 1) Bagaimana penerapan asas pelayanan publik dalam pendaftaran calon legislatif melalui sistem informasi pencalonan guna peningkatan kualitas pelayanan pemilu 2024 di KPU Jember ? 2)Apa saja hambatan KPU Jember dalam penerapan asas pelayanan publik dalam pendaftaran calon legislatif melalui Sistem Informasi Pencalonan guna peningkatan kualitas pelayanan pemilu 2024? tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan asas pelayanan publik dalam pendaftaran calon melalui guna peningkatan kualitas pelayanan pemilu 2024 di KPU Jember. 2) untuk mengetahui hambatan dalam penerapan asas pelayanan publik dalam pendaftaran calon legislatif melalui Sistem Informasi Pencalonan guna peningkatan kualitas pelayanan pemilu 2024 di KPU Jember.
Metode yang digunakan yakni metode hukum empiris dan peneliti menggunakan pendekatan sosiologi hukum serta perundang-undangan, hal ini untuk menjelaskan dan menghubungkan serta menguji bekerjanya suatu hukum formal yang ada di masyarakat. Serta untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang fenomena yang diteliti serta berbagai situasi, proses, dan peraturan yang berperan dalam penerapan prinsip pelayanan publik dan faktor-faktornya dapat diselidiki terkait dengan pendaftaran calon legisltif.
Kesimpulan dari penelitian yakni 1) KPU telah memberikan upaya yang terbaik kepada parpol yang akan mendaftarkan calegnya melalui SILON, KPU telah menyediakan buku panduan, tutor video, bimtek serta menyediakan helpdesk terkait langkah-langkah dalam pendaftaran caleg melalui SILON 2) Hambatan dalam penerapan asas pelayanan publik dalam pendaftaran caleg melalui SILON adanya kebingungan disaat ada fitur baru pada sistem tersebut serta gangguan pada SILON saat akses digunakan oleh partai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr Herlin Hanafi
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:25
Last Modified: 17 Jul 2024 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34003

Actions (login required)

View Item View Item