Strategi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Ulil Albab Dalam Meningkatkan Kemandirian Pendapatan Melalui Entrepreneur di Kota Probolinggo

Fatimatuz, Zahro (2024) Strategi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Ulil Albab Dalam Meningkatkan Kemandirian Pendapatan Melalui Entrepreneur di Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FATIMATUZ ZAHRO_204103040014.pdf

Download (20MB)

Abstract

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) merupakan lembaga perlindungan anak yang diadakan oleh pemerintah yang berfungsi memberikan perlindungan dan kesejahteraan terhadap hak-hak anak. Salah satunya yaitu LKSA Ulil Albab yang berada di Kota Probolinggo. Meskipun LKSA program yang diadakan oleh pemerintah sampai saat ini LKSA Ulil Albab tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, sehingga untuk membuat LKSA Ulil Albab harus berwirausaha untuk meningkatkan pendapatannya supaya dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan lembaga.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana strategi yang di gunakan LKSA Ulil Albab dalam meningkatkan kemandirian pendapatan melalui entrepreneur di kota probolinggo? 2) apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam melakukan strategi pada LKSA Ulil Albab dalam meningkatkan kemandirian pendapatan melalui entrepreneur di kota probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis strategi yang di gunakan LKSA Ulil Albab dalam meningkatkan kemandirian pendapatan melalui entrepreneur di Kota Probolinggo. 2) Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam melakukan strategi pada LKSA Ulil Albab dalam meningkatkan kemandirian pendapatan melalui entrepreneur di Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan situasi tertentu berdasarkan data yang diperoleh dilapangan secara terperinci. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Strategi yang digunakan LKSA dalam meningkatkan kemandirian pendapatan melalui entrepreneur terdiri dari tiga tahap strategi yaitu formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi; 2) Faktor penghambat yang dialami oleh LKSA dalam menjalankan usaha nya yaitu minimnya dana untuk menambah modal, tempat produksi yang kurang memadai dan ada nya banyak pesaing baru. Adapun faktor pendukung yaitu SDM yang berkompeten dan memiliki semangat kerja tinggi, berada di tempat yang strategis, dan anak-anak di LKSA yang membantu lembaga dalam memasarkan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fatimatuz Fatimatuz Zahro
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:33
Last Modified: 25 Jun 2024 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34030

Actions (login required)

View Item View Item