Praktik Sistem Perjanjian Jual Beli Chip Game Online Higgs Domino Island Di Grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID) Perspektif Hukum Perdata Dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah

Rofiqi, Hasan (2024) Praktik Sistem Perjanjian Jual Beli Chip Game Online Higgs Domino Island Di Grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID) Perspektif Hukum Perdata Dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-079-HES-2024)
watermaks M hasan rofqi praktik sistem perjanjian .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
M. Hasan Rofiqi, 2024: Praktik Sistem Perjanjian Jual Beli Chip Game Online Higgs Domino Island Di Grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID) Perspektif Hukum Perdata Dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah
Kata Kunci: Jual Beli, Chip Game Online Poker, Hukum Perdata dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah
Era teknologi saat ini internet sudah menjadi hal yang dapat dinikmati berbagai kalangan berikut serta juga dengan game online. Salah satu game online yang tengah viral adalah Higgs Domino Island, yang memberikan player kesempatan untuk menggunakan atau mendapatkan chip sebagai bentuk mata uang dalam permainan. Para player juga mempunyai peluang untuk mentransaksikan koin hasil bermain dengan uang nyata melalui media sosial juga. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan hukum yang mendalam mengenai status, kepemilikan, dan jual beli chip dalam konteks permainan tersebut.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik sistem perjanjian jual beli chip pada game online High Domino Island Di Grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID)?, 2) Bagaimana Objek perjanjian jual beli chip game online High Domino Island Di Grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID)?, 3) Apa akibat hukum dari perjanjian jual beli chip dalam game online High Domino Island bagi para pihak yang terlibat di grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID)?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk memahami praktik sistem perjanjian jual beli chip dalam game online High Domino Island di grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID), 2) Mengidentifikasi Objek perjanjian jual beli chip game online High Domino Island di grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID), 3) Menganalisis konsekuensi hukum yang timbul oleh perjanjian jual beli chip game online High Domino Island bagi para pihak- pihak yang terlibat di grup Telegram (Jual Beli Chip Domino ID)?
Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, yaitu penelitian hukum lapangan. Pendekatan penelitianya sosiologi hukum, untuk memahami dampak hukum terhadap masyarakat dan sebaliknya. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi yang digunakan Observasi partisipatif, teknik pengumpulan data di mana peneliti secara aktif terlibat dalam situasi atau kegiatan yang sedang diamati. Dengan penyajian data secara deskriptif dari lapangan.
Hasil penelitian yaitu: 1) Praktik ini melibatkan transaksi antara pemain dan admin, yang didasarkan pada kepercayaan dan kesepakatan mutual tentang jumlah dan harga chip. Transaksi ini memenuhi syarat sah perjanjian sesuai Pasal 1320 KUH Perdata, dalam KHES, meskipun transaksi memiliki struktur yang jelas, aspek kehalalan objek menjadi titik kritis karena penggunaan chip itu sendiri. 2). Chip dalam Higgs Domino Island diperlakukan sebagai objek perjanjian dalam jual beli, dianggap sebagai barang yang memiliki nilai ekonomis. Secara perdata, chip ini diperdagangkan dengan nilai uang nyata dan menjadi dasar pertukaran yang sah. Namun, dari perspektif Hukum Ekonomi Syariah, chip tidak memenuhi syarat kehalalan karena penggunaannya yang bisa berhubungan dengan judi. 3) Akibat Hukum, dalam Hukum Perdata kedua belah pihak terikat akan hak dan kewajiban jual-beli. Dalam konteks kompilasi hukum ekonomi syariah, akibat hukum dari transaksi ini dianggap tidak sah, sehingga pembeli dan penjual bisa mendapatkan konsekuensi hukum jika terlibat dalam praktik yang dilarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180106 Comparative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180122 Legal Theory, Jurisprudence and Legal Interpretation
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: M. Hasan Rofiqi Rofiqi
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:15
Last Modified: 17 Jul 2024 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34047

Actions (login required)

View Item View Item