Hubungan Antara Self Compassion Dengan Self efficacy Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur'an Pondok Tahfidzul Qur'an Darul Istiqomah Jember

Maya Sartika, Mega (2024) Hubungan Antara Self Compassion Dengan Self efficacy Pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur'an Pondok Tahfidzul Qur'an Darul Istiqomah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-007-PI-2024)
MEGA MAYA SARTIKA_204103050047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mega Maya Sartika, 2024 : Hubungan Antara Self Compassion dengan Self Efficacy pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an Pondok Tahfidzul Qur’an Darul Istiqomah
Kata Kunci : Self Compassion, Self Efficacy
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan menanamkan ayat-ayat Al-Qur’an di dalam ingatan lalu mengulang-ulang lafadznya kembali tanpa melihat mushaf bersama dengan usaha agar ayat tersebut dapat selalu diingat. Saat ini banyak mahasiswa yang menghafalkan al-qur’an tetapi tidak sedikit juga mahasiswa yang tidak mampu menyelesaikan hafalannya hingga 30 juz. Hal ini dikarenakan mahasiswa memiliki rasa percaya diri yang rendah sehingga mahasiswa tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Mahasiswa harus mampu memiliki rasa welas asih terhadap dirinya sendiri sehingga mampu menumbuhkan rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugasnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara self compassion dengan self effacy pada mahasiswa penghafal Al-qur’an di PTQ Darul Istiqomah Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self compassion dengan self efficacy pada mahasiswa penghafal Al-Qur’an di PTQ Darul Istiqomah Jember.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 43 mahasiswa yang merupakan santri di Pondok Tahfidzul Qur’an Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket lalu analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji validitas dan uji reliabilitas dengan alat uji hipotesis menggunakan Pearson Product Momment.
Analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara variabel self compassion dan self efficacy pada mahasiswa yang menghafal Al-Qur'an di PTQ Darul Istiqomah Jember, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa self compassion berpengaruh terhadap self efficacy. Koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut adalah 0,458% menandakan bahwa hubungan di antara keduanya memiliki tingkat kekuatan sedang. Hasil tersebut mencerminkan bahwa mahasiswa dengan tingkat self compassion yang tinggi akan memiliki self efficacy yang tinggi pula. Sehingga, hipotesis (Ha) yang telah dirumuskan dalam penelitian ini diterima dan (H0) ditolak. Kesimpulannya adalah jika self compassion yang dimiliki mahasiswa penghafal Al-Qur’an tinggi, maka tingkat self efficacy juga tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: Ms Mega Maya Sartika
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:11
Last Modified: 08 Aug 2024 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34051

Actions (login required)

View Item View Item