Analisis Semiotika Konten Mukbang Tanboy Kun Terhadap Perilaku Makan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Mufida, Inayah Inda (2024) Analisis Semiotika Konten Mukbang Tanboy Kun Terhadap Perilaku Makan Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_INAYAH INDA MUFIDA_D20191058.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Akhir-akhir ini fenomena mukbang sedang marak terjadi, Yang mana mukbang tersebut merupakan video atau siaran langsung yang secara langsung menampilkan seseorang dengan makan dan minum dalam porsi yang sangat banyak. Ada banyak kasus ketika seseorang melakukan mukbang ; seperti obesitas, kesehatan terganggu bahkan dapat mengakibatkan kematian. Konten mukbang Tanboy Kun dapat menghibur dan memberikan informasi kepada penontonnya, melalui video tersebut dapat membentuk perilaku makan penonton setelah menonton konten mukbang.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) bagaimana pemaknaan tanda dalam analisis semiotika konten mukbang Tanboy Kun? 2) bagaimana perilaku makan Mahasiswa Prodi KPI UIN KHAS Jember setelah menonton konten mukbang Tanboy Kun? Tujuan penelitian dalam skripsi ini, yaitu : 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemaknaan tanda dalam analisis semiotika konten mukbang Tanboy Kun. 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku makan Mahasiswa Prodi KPI UIN KHAS Jember setelah menonton konten mukbang Tanboy Kun.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan semiotika untuk mengetahui tanda-tanda pada beberapa scene video yang menunjukkan perilaku makan melalui model semiotika Roland Barthes.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Video konten mukbang Tanboy Kun memenuhi lima indikator analisis semiotika Roland Barthes yaitu penanda denotasi, petanda denotasi, penanda konotasi, petanda konotasi yang kemudian menghasilkan mitos berupa perilaku makan untuk membagi pengalaman makan kepada penonton. Pemaknaan tanda tersebut menggunakan lambang verbal dan nonverbal. 2) perilaku makan penonton Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember sesuai dengan perilaku makan teori van strien yakni Ekternal eating, Emotional eating, dan Restrained Eating, dari ketiga indikator tersebut, Ekternal eating yang paling banyak mempengaruhi perilaku makan mahasiswa dari 7 informan, 5 orang yakni TA, AA, NV, FA, dan DH mengaku mengalami perubahan perilaku makan eksternal eating setelah menonton video konten mukbang Tanboy Kun.

Kata kunci : Mukbang, Semiotika, Perilaku Makan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Inayah Inda Mufida
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:22
Last Modified: 26 Jun 2024 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34054

Actions (login required)

View Item View Item