Peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember dalam meningkatkan pendapatan mustahik melalui Program Jember Makmur

AlFawwaz, Agus Ahmad Faizy (2024) Peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember dalam meningkatkan pendapatan mustahik melalui Program Jember Makmur. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI AHCMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-001-ZAWA-2024)
Skripsi Agus Ahmad Faizy Alfawwaz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK
Agus Ahmad Faizy Alfawwaz, Abdul Rokhim 2024: Peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jember Dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahik Melalui Program Jember Makmur.

Kata Kunci: Baznas, pendapatan mustahik, program jember makmur

Zakat juga merupakan salah satu cara mengatasi masalah dalam kemiskinan, berbagai studi telah dilakukan dan sudah terbukti bahwa zakat ini dapat meminimalisir tingkat kemiskinan, dan juga diharapakan bisa membantu untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang diharapkan.
Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaiman Peran BAZNAS jember dalam meningkatkan pendapatan mustahik melalui program jember makmur? 2. Apa saja kendala BAZNAS Jember dalam meningkatkan pendapatan mustahik memalui program Jember Makmur?
Tujuan dari penelitian skripsi ini untuk: 1. Untuk mengetahui bagaimana peran BAZNAS Jember dalam meningkatkan pendapatan mustahik melaui program Jember Makmur. 2. Untuk mengetahui apa saja kenadala BAZNAS Jembar dalam meningkatkan pendapatan mustahik melaui program Jember Makmur.
Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif partisipatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokuemntasi. Adapun analisis data skripsi ini menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan: 1. Peran BAZNAS ini sangat berdampak baik bagi warga yang mendapat bantuan program Jember Makmur ini, beliau adalah kepala rumah tangga yang menjadi tulung punggung keluarga yang pekerjaan awalnya hanya pemulung yang bekerja siang dang malam keliling mencari nafkah namun dengan adanya program BAZNAS Jember berupa pemberian modal usaha ini mulai terbantu dan lebih produktif dalam meningkatkan pendapatannya. 2. kurangnya pendampingan yang dilakukan kepada beberapa pihak sehingga menjadi bagian utama untuk proses berjalannya suatu program Jember Makmur ini, kedua kondisi finansial yang dimiliki oleh BAZNAS Jember, ketiga tingkat kesadaran masyarakat untuk membayar zakat di BAZNAS Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Agsu Ahmad Faizy Alfawwaz
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:13
Last Modified: 10 Jul 2024 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34061

Actions (login required)

View Item View Item