Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Bersih Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bulurejo Banyuwangi

A.N, Rizqy Fadilah (2024) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Bersih Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Bulurejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-028-MPI-2024)
Acc Sidang Skripsi-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB)

Abstract

Pendidikan dalam menerapkan budaya bersih merupakan sebuah upaya berupa penanaman nilai-nilai kepada peserta didik yakni untuk membentuk watak dan kepribadian yang bisa mendorong peserta didik dalam mewujudkan nilai-nilai tersebut kedalam perilaku kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana formulasi kepala madrasah dalam meningkatan budaya bersih peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah NU Bulurejo Banyuwangi? 2) Bagaimana implementasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah NU Bulurejo Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih di Madrasah Ibtidaiyah NU Bulurejo Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan formulasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah NU Bulurejo Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah NU Bulurejo Banyuwangi. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah NU Bulurejo Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Untuk uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik, dan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Formulasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih peserta didik di MI Nahdlatul Ulama ini dimulai dengan penetapan visi dan misi melalui kegiatan rapat selanjutnya merencanakan suatu program dan strategi. 2) Implementasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih peserta didik di MI Nahdlatul Ulama dilakukan dengan menerapkan strategi pembiasaan serta dilaksanakan beberapa program kegiatan berupa piket kebersihan, menyediakan makanan sehat, dan kerja bakti. 3) Evaluasi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya bersih peserta didik di MI Nahdlatul Ulama dilakukan dengan cara melakukan pengawasan, penilaian, dan pelaporan yang dilakukan oleh seluruh jajaran guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Budaya Bersih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Men Rizqy Fadilah A.N
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:00
Last Modified: 04 Jul 2024 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34064

Actions (login required)

View Item View Item