Pengelolaan Bank Sampah di Desa Pondok Rejo Kecamatan Tempurejo Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Fatmasari, Kiki (2024) Pengelolaan Bank Sampah di Desa Pondok Rejo Kecamatan Tempurejo Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KIKI FATMASARI_S20182096.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK
Kiki Fatmasari. 2023: Pengelolaan Bank Sampah di Desa Pondok Rejo Kecamatan Tempurejo Perspektif Hukum Ekonomi Syariah
Kata Kunci: Bank Sampah, Pengelola Sampah, Hukum Ekonomi Syariah
Pengelolaan bank sampah di desa pondok Rejo, kecamatan Tempurejo berfokus pada perspektif hukum ekonomi syariah dan di mana bank sampah ini bertujuan untuk mendaur ulang kan sampah yang seharusnya sudah tidak di pergunakan lagi. dan sampah bisa di jadikan sebagai bahan ekonomis atau nilai jual karna sebagian sampah akan di produksi dan dijadikan bahan yang baru.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme pengelolaan bank sampah di desa Pondok Rejo. Kecamatan Tempurejo? 2) Bagaimana mekanisme pengelolaan bank sampah di desa Pondok Rejo, Kecamatan Tempurejo Perspektif Hukum Ekonomi Syariah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan mekanisme pengelolaan bank sampah Desa Pondok Rejo. Kecamatan Tempurejo? 2) Mendeskripsikan mekanisme pengelolaan bank sampah di desa Pondok Rejo, Kecamatan Tempurejo pada Perspektif hukum ekonomi syariah
Penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi memberikan pemahaman yang kemungkinan akan didasarkan pada analisis mendalam terhadap data kualitatif tersebut memberikan gambaran kontekstual terhadap temuan penelitian: 1) Awal mula sampah yang didapat melalui nasabah yang mengumpulkan sampah dan disetorkan di bank sampah. setelah sampah di setor sampah akan di pilah-pilah sesuai dengan ukuran dan harga pada barang yang disetorkan setelah itu dibersihkan bagian yang kotor lalu pisahkan label botol dan tutup botol setelah dibersihkan. Kemudian sampah akan dihancurkan dan dikeringkan di bawah sinar matahari lalu sampah akan dikemas dan diproduksi kembali dan dijadikan barang yang baru. 2) Bank sampah di Desa Pondok Rejo, Kecamatan Tempurejo perspektif hukum ekonomi syariah dimana dalam proses tidak hanya mengutamakan barang yang dikumpulkan melainkan sampah yang diamanatkan oleh nasabah untuk pengelolah sampah yang dimana disini akad yang digunakan adalah akad wakalah yang dimana wakalah tersebut digunakan oleh sesorang membutuhkan orang lain untuk mengerjakan sesuatu yang tidak dapat dilakukannya sendiri dan meminta orang lain untuk melaksanakanya seperti hal nya nasabah dan pengelolah sampah/bank sampah sebagai wakil dan muwakil ( nasabah sebagai muwakil dan pengelolah sebagai wakil). Dan akad yang digunakan adalah akad wakalah barang yang disetorkan adalah sampah yang diperoleh dari nasabah dan upah dan yang di dapat adalah uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Kiki Fatmasari Nurhadi
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:02
Last Modified: 26 Jun 2024 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34065

Actions (login required)

View Item View Item