Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Atas Barang Lelang Pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo

Sholehah, Erica Imroatus (2024) Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Atas Barang Lelang Pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-060-AKSYA-2024)
ERICA IMROATUS SHOLEHAH_205105030019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Proses pelelangan yang baik akan menerapkan sistem informasi akuntansi yang dapat mengelola barang lelang dan memperhitungkan harga jual lelang dengan harga seharusnya agar tidak terjadi kredit macet dan kerugian kepada perusahaan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1.) Bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi atas barang lelang pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo? 2.) Bagaimana pengendalian internal barang lelang pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo? 3.) Bagaimana dampak penerapan sistem informasi akuntansi terhadap barang gadai yang dilelang?
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1.) Untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi pelelangan atas barang ugadai pada PT pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo. 2.) Untuk mengetahui pengendalian internal barang lelang pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo. 3.) Untuk mengetahui dampak penerapan sistem informasi akuntansi terhadap barang gadai yang dilelang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bersifat deskriptif. Pengumpulan data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pada teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi atas barang lelang pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo sudah mampu memperkecil terjadinya kredit macet dari pada tahun sebelumnya. Pengendalian internal pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo dilakukan secara berkala sehingga hal ini dapat memperkecil dan menekan jumlah nasabah yang masuk ke proses lelang. Di dalam proses pelelangan pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo terdapat tiga tahapan yaitu tahap pra lelang, saat lelang, dan pasca pelelangan. Sistem informasi akuntansi atas barang lelang pada PT Pegadaian (Persero) CP Besuki Situbondo memberikan dampak positif terhadap kinerja PT Pegadaian, akan tetapi masih terdapat kendala yang tidak bisa dicegah, Seperti system error dan nasabah yang tidak dapat dihubungi.

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Barang Lelang, Pegadaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Erica Imroatus Sholehah
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:32
Last Modified: 10 Jul 2024 02:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34078

Actions (login required)

View Item View Item