Analisis kesulitan siswa kelas X Mipa 1 dalam menyelesaikan soal matematika realistik pada materi eksponen di SMA Al-Falah Silo Jember

Lestari, Diana (2024) Analisis kesulitan siswa kelas X Mipa 1 dalam menyelesaikan soal matematika realistik pada materi eksponen di SMA Al-Falah Silo Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-016-TMTK-2024)
DIANA LESTARI_T20187092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kesulitan siswa adalah sebuah hambatan atau kendala yang dialami siswa dalam memahami konsep dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pra observasi yang dilakukan di kelas X MIPA 1 SMA Al-Falah Silo Jember diperoleh bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan saat mengerjakan soal matematika realistic pada materi eksponen, yang berdasar pada indikator kesulitan Cooney.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kesulitan siswa kelas X MIPA 1 yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika realistik pada materi eksponen di SMA Al-Falah Silo Jember, 2) mendeskripsikan kesulitan siswa kelas X MIPA 1 yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal matematika realistik pada materi eksponen di SMA Al-Falah Silo Jember, 3) mendeskripsikan kesulitan siswa kelas X MIPA 1 yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal matematika realistik pada materi eksponen di SMA Al-Falah Silo Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui tes soal eksponen dengan pendekatan matematika realistic, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini terdiri dari masing-masing 2 siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Siswa berkemampuan tinggi masih mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip. 2) Siswa berkemampuan sedang mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Kesulitan menerapkan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal terlihat pada saat siswa mengerjakan soal nomor 2 di mana siswa kurang teliti dalam perhitungan sehingga mengalami kesalahan dalam perhitungan serta kurang memahami soal sehingga mengalami kesalahan dalam menggunakan data yang akan dipakai dan memasukkan kesimpulan dari jawaban yang diperoleh. 3) Siswa berkemampuan rendah memenuhi semua indikator kesulitan Cooney. Hal ini terlihat dari kedua soal mengalami kesulitan mempelajari konsep karena mengalami kesalahan dalam menggunakan langkah/rumus, kesulitan menerapkan prinsip karena mengalami kesalahan dalam kegiatan perhitungan, serta kesulitan menyelesaikan masalah verbal karena mengalami kesalahan pada semua sub indikatornya.

Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Soal Matematika Realistik, Eksponen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Diana Lestari
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:48
Last Modified: 05 Jul 2024 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34085

Actions (login required)

View Item View Item