Optimalisasi Sipdar Pq (Sistem Pelayanan Tanda Lembaga Al-Quran) Dalam Meningkatkan Efektivitas Pendataan Lpq Oleh Seksi Pd Pontren Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi

Dyfani, Ana Putri (2024) Optimalisasi Sipdar Pq (Sistem Pelayanan Tanda Lembaga Al-Quran) Dalam Meningkatkan Efektivitas Pendataan Lpq Oleh Seksi Pd Pontren Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ana Putri Dyfani_205103040003.pdf

Download (23MB)

Abstract

Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) adalah lembaga yang dibangun oleh pemerintah, yayasan, maupun organisasi masyarakat Islam atau organisasi daerah yang menyelenggarakan pendidikan Al-Qur’an guna memberikan pengajaran bacaan, tulisan, hafalan serta pemahaman tentang ilmu Al-Qur’an. Kementerian Agama saat ini telah menggunakan sistem informasi online, yakni SIM (Sistem Informasi Manajemen) diharapkan mampu menjadi solusi untuk kemajuan lemabaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kemenag RI. Salah satu bentuk sistem digital yang di luncurkan oleh Kementerian Agama RI adalah SIPDAR PQ (Sistem Pelayanan Tanda Lembaga Al-Qur’an). SIPDAR PQ merupakan sistem digital yang dikembangkan untuk mempermudah proses pengelolaan penerbitan tanda daftar lembaga pendidikan Al-Qur’an di seluruh Indonesia. Maka penting adanya pengoptimalisasian SIPDAR PQ dalam pendataan LPQ.
Fokus penelitian skripsi ini merupakan; 1). Bagaimana optimalisasi SIPDAR-PQ (Sistem Informasi Pelayanan Tanda Lembaga Pendidikan Al-Qur’an) dalam meningkatkan efektivitas pendataan LPQ oleh Seksi PD Pontren di kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. 2). Bagaimana peningkatan efektivitas pendataan LPQ oleh Seksi PD Pontren di kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. 3) Apa sajakah faktor pendukung serta penghambat efektivitas pengoptimalisasian SIPDAR PQ di kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi.
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1). Untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana optimalisasi SIPDAR PQ oleh Seksi PD Pontren di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. 2). Guna mengetahui serta mendeskripsikan peningkatan efektivitas pendataan LPQ di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. 3). Guna mengetahui faktor pendukung serta penghambat efektivitas pengoptimalisasian SIPDAR PQ di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi. Metode yang terpakai pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut; dalam mengoptimalkan SIPDAR PQ: 1) Seksi PD Pontren bekerjasama dengan perangkat desa, lembaga terkait, penyuluh dan masyarakat, menyediakan informasi seputar LPQ yang akurat dan mudah diakses publik. 2) Melakukan pelayanan yang ramah sehingga ada peningkatan efektivitas pendataan LPQ. Dimana data 2022 – 2023 mengalami peningkatan yang cukup tinggi. 3) Dilakukan analisis SWOT maka faktor pendukung dan penghambat yang didapat adalah sebagai berikut : faktor pendukung , mudah diakses, hemat biaya dan waktu, informasi dapat diakses dengan mudah, data-data yang diperlukan lengkap, dan gampang diakses kapanpun dan dimana saja. Adapun faktor penghambat sebagai berikut ada masyarakat yang kurang tahu terkait it, aplikasi masih sering mengalami gangguan, banyak lembaga yang belum tahu cara penggunaanya, kurangnya sosialisasi dan tidak ada sanksi bagi lpq yang tidak terdaftar.
Kata Kunci: Optimalisasi SIPDAR PQ, Efektivitas Pendataan Lpq

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ana Putri Dyfani
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:35
Last Modified: 28 Jun 2024 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34095

Actions (login required)

View Item View Item