Hak Khiar dalam Praktik Jual Beli Kucing Peliharaan di Toko Daring Nellocathouse_ dalam Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah

Rahmadini, Rosyadina Rizky (2024) Hak Khiar dalam Praktik Jual Beli Kucing Peliharaan di Toko Daring Nellocathouse_ dalam Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-074-HES-2024)
ROSYADINA RIZKY RAHMADINI_ S20192114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Hak Khiar dalam Praktik Jual Beli Kucing Peliharaan di Toko Daring Nellocathouse_ dalam Perspektif KHES.
Kata Kunci: Hak Khiar, Jual Beli, Kucing Peliharaan

Jual beli kucing memiliki popularitas tinggi, tetapi seringkali menimbulkan banyaknya penipuan yang terjadi sehingga muncul keraguan bagi konsumen. Beberapa ulama’ berpendapat bahwa Nabi Muhammad SAW melarang praktik ini. Namun, menurut empat mazhab, transaksi jual beli kucing peliharaan diperbolehkan karena akadnya sah dan jelas kepemilikannya. Dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah sudah ada Hak Khiar sehingga peneliti ingin mendeskripsikan pemenuhan Hak Khiar di salah satu toko tersebut yaitu toko daring nellocathouse_. Dengan adanya hak khiar maka penjual atau pembeli berhak memilih apakah akan melanjutkan atau mengakhiri akad. Tujuan adanya khiar untuk memperkuat hubungan antara pemilik dan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan utama : 1. Bagaimana hak khiar syarat dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_?, 2. Bagaimana hak khiar ‘aib dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_?, 3. Bagaimana hak khiar ru’yah dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai hak khiar syarat dalam Pratik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_ . 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai hak khiar ‘aib dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_. 3. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai hak khiar ru’yah dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_.
Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi hukum dalam kerangka penelitian empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan dua jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1. Hak khiar syarat dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_ telah diterapkan. Wujudnya penjual memberikan syarat dalam batasan waktu karena alasan tertentu. 2. Hak khiar ‘aib dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko draing nellocathouse_ telah diterapkan. Wujudnya penjual memberikan penjelasan ketika kondisi kucing itu mengalami disabilitas sehingga para konsumen juga mengetahuinya tentang kondisi kucing yang akan dibelinya. 3. Hak khiar ru’yah dalam praktik jual beli kucing peliharaan di toko daring nellocathouse_ telah diterapkan. Wujudnya penjual memberikan hak kepada para konsumen untuk melihat dan memastikan kondisi kucing yang ingin dibelinya bisa dilakukan secara video call atau secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mrs Rosyadina Rizky Rahmadini Adi Tjahyono
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:42
Last Modified: 17 Jul 2024 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34107

Actions (login required)

View Item View Item