Pengaruh TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Pendidik Profesional pada Pembelajaran Microteaching Prodi Tadris IPS Angkatan 2021 Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Kirom, Mohamad Ikhwani (2024) Pengaruh TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Pendidik Profesional pada Pembelajaran Microteaching Prodi Tadris IPS Angkatan 2021 Universitas Islam Negri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-008-IPS-2024)
MOHAMAD IKHWANI KIROM - 204101090009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Mohamad Ikhwani Kirom, Muhammad Eka Rahman : “Pengaruh TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Pendidik Profesional Pada Pembelajaran Microteaching Prodi Tadris Ips Angkatan 2021 Uin Khas Jember”.

Kata Kunci : Technological Knowledge (TK), Pedagogical Content Knowledge (PCK), Kesiapan Mahasiswa menjadi Pendidik Profesional

Kemajuan teknologi memengaruhi pendidikan melalui TPACK. Menurut Shulman, pendidik harus memahami TPACK, khususnya pada point PCK dan TK. Namun, mahasiswa Prodi Tadris IPS 2021 di UIN Khas Jember kurang memahami PCK dan TK, meski sering menerapkannya tanpa sadar, dan praktik mereka terbatas fasilitas teknologi. Penelitian ini meneliti pengaruh TPACK terhadap kesiapan mereka menjadi pendidik profesional. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Apakah Pedagogical Content Knowledge (PCK) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi pendidik profesional pada pembelajaran microteaching prodi Tadris IPS angkatan 2021 UIN KHAS Jember? (2) Apakah Technological Knowledge (TK) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi pendidik profesional pada pembelajaran microteaching prodi Tadris IPS angkatan 2021 UIN KHAS Jember? (3) Bagaimana PCK dan TK bersama-sama berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi pendidik profesional pada pembelajaran microteaching prodi Tadris IPS angkatan 2021 UIN KHAS Jember?
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan data primer dari dokumentasi dan angket. Variabel yang dianalisis adalah PCK (X1), TK (X2), dan kesiapan mahasiswa menjadi pendidik profesional (Y) di kelas micro teaching empat dan tujuh. Metode analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, uji T, uji F, koefisien determinasi, dan regresi.
Hasil Uji F menunjukkan bahwa X1 dan X2 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Y, dengan F Hitung (118.694) lebih tinggi dari F Tabel (3.35). Uji T juga mendukung hasil ini, dengan T Hitung X1 (9.521) dan T Hitung X2 (2.849) yang keduanya lebih tinggi dari T Tabel (2.0518). Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa X1 dan X2 bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 66% terhadap Y, namun pengaruh X1 lebih dominan. Berdasarkan hasil penelitian, variabel X1 (PCK) memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap variabel Y (Kesiapan menjadi pendidik profesional) dibandingkan dengan variabel X2 (TK).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mohamad Ikhwani Kirom
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:39
Last Modified: 03 Jul 2024 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34113

Actions (login required)

View Item View Item