Pelaksanaan Konseling dalam Mengatasi Trauma Korban Kekerasan Seksual di Bawah Umur di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kabupaten Situbondo

Putri, Helmia (2024) Pelaksanaan Konseling dalam Mengatasi Trauma Korban Kekerasan Seksual di Bawah Umur di Unit Pelaksana Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_HELMIA PUTRI_Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci : Konseling, Korban Kekerasan Seksual, Konselor
Kasus kekerasan seksual saat ini marak terjadi, anak-anak sering menjadi korban kekerasan seksual oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kekerasan seksual yang terjadi tidak hanya dilakukan oleh seorang anak ataupun remaja, melainkan juga dilakukan oleh orang tua yang sudah berumur. Seorang anak yang menjadi korban kekerasan seksual pastinya akan mengalami rasa trauma dan UPT PPA Kabupaten Situbondo memiliki layanan konseling bagi anak korban kekerasan seksual, layanan konseling merupakan penanganan yang tepat untuk mengatasi rasa trauma dan ingin menghilangkannya.
Fokus penelitian dalam skipsi ini adalah: 1) Bagaimana tahap pelaksanaan konseling yang dilakukan oleh konselor dalam upaya mengatasi trauma korban kekerasan seksual di bawah umur selama proses konseling di UPT PPA Kabupaten Situbondo?. 2) Bagaimana ragam teknik konseling dan media yang digunakan dalam proses pelaksanaan konseling korban kekerasan seksual di bawah umur di UPT PPA Kabupaten Situbondo?. 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan konseling korban kekerasan seksual di bawah umur di UPT PPA Kabupaten Situbondo.
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Bagaimana tahap pelaksanaan konseling yang dilakukan oleh konselor dalam upaya mengatasi trauma korban kekerasan seksual di bawah umur selama proses konseling di UPT PPA Kabupaten Situbondo. 2) Bagaimana ragam teknik konseling dan media yang digunakan dalam proses pelaksanaan konseling korban kekerasan seksual di bawah umur di UPT PPA Kabupaten Situbondo. 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan konseling korban kekerasan seksual di bawah umur di UPT PPA Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi di lapangan, serta menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian yaitu tahap yang dilakukan oleh konselor UPT PPA Kabupaten Situbondo memiliki 8 tahapan dengan pendekatan person centered, menggunakan 17 teknik konseling, serta faktor pendukung dan penghambat adalah keluarga dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Helmia Helmia Putri
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:27
Last Modified: 03 Jul 2024 04:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34121

Actions (login required)

View Item View Item