Jual Beli Secara Online Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Perlindungan Konsumen Studi Kasus Di Desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso

Mufida, Alfiyah (2024) Jual Beli Secara Online Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Perlindungan Konsumen Studi Kasus Di Desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-075-HES-2024)
SKRIPSI ALFIYAH MUFIDA 205102020023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Jual beli sapi secara online adalah praktek yang sering terjadi di desa Grujugan Kidul, berbeda dengan barang online lainnya, proses transaksi jual beli sapi secara online dilakukan melalui media seperti Whats App, Facebook dan semacamnya. Tidak menggunakan marketplace atau platform aplikasi bisnis.Begitu pun dengan langkah-langkah transaksi yang dilakukan berbeda dengan jual beli barang online lainnya, mulai dari promosi barang sampai tindakan yang dilakukan untuk menjamin keselamatan barang yang dibeli oleh konsumen.Dengan demikian praktek tersebut perlu ditinjau dari perspektif hukum Islam dan hukum perlindungan konsumen.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Teknis Atau Proses Jual Beli Sapi Secara Online Di Desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, 2) Bagaimana Unsur-Unsur Dalam Jual Beli Sapi Secara Online Menurut Hukum Islam Di Desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, 3) Bagaimana Unsur-Unsur Dalam Jual Beli Menurut Hukum Perlindungan Konsumen Di Desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui prosedur jual beli sapi secara online di desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, 2) Untuk Mengetahui Terhadap Unsur-Unsur Dalam Jual beli sapi secara online menurut Hukum Islam di desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, 3) Untuk Mengetahui Terhadap Unsur-Unsur Dalam Jual beli sapi secara online Menurut Hukum Perlindungan Konsumen di desa Grujugan Kidul Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus.Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknis analisis data. Lokasi dalam penelitian ini di lakukan di desa Grujugan Kidul, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso.Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan atau teknis dalam
jual beli sapi secara online dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi dan transaksi. 2) Pelaksanaan jual-beli sapi secara online dinyatakan sah dalam tinjauan hukum Islam dikarenakan syarat sahnya jual beli sudah terpenuhi yakni, adanya penjual dan pembeli(‘aqidain), barang yang dibeli, serta ijab dan qobul. Dan yang paling penting adalah ridho dari kedua belah pihak.
3) Pelaksanaan jual beli sapi secara online dikatakan sesuai aturan undang-undang pasal 1 tentang perlindungan konsumen dikarenakan hak yang melekat pada diri konsumen benar-benar dijaga oleh pihak penjual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: alfiyah mufida arif budiman
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:18
Last Modified: 17 Jul 2024 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34153

Actions (login required)

View Item View Item