Peran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Probolinggo Dalam Menjaga Integritas Pemilihan Umum Tahun 2024

Aziawati, Nur (2024) Peran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Probolinggo Dalam Menjaga Integritas Pemilihan Umum Tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-009-HTN-2024)
Skripsi Nur Aziawati fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nur Aziawati, 205102030016 : Peran Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Probolinggo Dalam Menjaga Integritas Pemilihan Umum Tahun 2024

Kata kunci : Bawaslu, Peran, Integritas, Pemilu.

Pemilihan umum adalah landasan demokrasi di suatu negara. Pada 2024, Kabupaten Probolinggo melakukan pemilu yang menarik perhatian publik. Integritas pemilu adalah aspek kunci dalam menjamin keterwakilan masyarakat yang adil serta sah. Kesuksesan serta integritas proses ini menjadi landasan legitimasi pemerintah di taraf lokal. Atas dasar ini, peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo begitu esensial. Walaupun Bawaslu mempunyai kontribusi penting, namun menghadapi banyak hambatan, tantangan, dan pelanggaran saat menjalankan peran pengawasannya. Adapun fokus penelitian yang akan dibahas adalah : 1) Bagaimana Bawaslu Kabupaten Probolinggo berperan dalam memastikan integritas Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024? 2) Apa saja hambatan atau tantangan yang ditemui oleh Bawaslu Kabupaten Probolinggo dalam menjalankan perannya dalam menjaga integritas Pemilu 2024? 3) Bagaimana peran Bawaslu menjaga integritas pemilihan umum Probolinggo ke depan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif dan penelitian hukum empiris. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan Kasus (case approach), pendekatan perundang-undangan (statute appoach), pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan sosiologi hukum. Hasil penelitian diantaranya 1) Bawaslu Kabupaten Probolinggo telah melaksanakan peran pengawasannya sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017. 2) Dalam pelaksanaan tugas menjaga integritas Pemilu tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Probolinggo menghadapi berbagai kendala. Salah satu kendala tersebut adalah masalah teknis yang dapat menghambat efisiensi dan efektivitas operasional lembaga. Selain itu, Bawaslu juga dihadapkan pada tantangan berupa adanya beberapa laporan dugaan pelanggaran yang tersebar di wilayah kerjanya. 3) Peran Bawaslu Kabupaten Probolinggo dalam menjaga integritas pemilu di masa depan sangat penting. Untuk mencapai tujuan tersebut, penting untuk memastikan bahwa program kerja Bawaslu selaras dengan kebutuhan terkini. Program kerja Bawaslu mencakup kegiatan pencegahan, pengawasan, dan penindakan guna memastikan jalannya pemilu yang adil, transparan, dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: ms Nur Aziawati
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:27
Last Modified: 17 Jul 2024 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34179

Actions (login required)

View Item View Item