USWATUN, HASANAH (2021) “Pembinaan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ko- Kurikuler Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Uswatun Hasanah_084 141 552.pdf Download (5MB) |
Abstract
Uswatun Hasanah, 2021: “Pembinaan Karakter Religius Melalui Kegiatan Ko- Kurikuler Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2020/2021”. Kata kunci: Pembinaan karakter religius, Kegiatan Ko-Kurikuler Kegiatan Ko-kurikuler dengan kegiatan intrakurikuler mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya serta saling mendukung guna mencapai tujuan pendidikan nasional. Adanya kegiatan ko-kurikuler dimaksudkan agar siswa lebih mendalami dan menghayati apa yang dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan Pembinaan Karakter Religius Pada Aspek Ibadah Melalu Kegiatan Ko-Kurikuler Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Mendeskripsikan Pembinaan Karakter Religius Pada Aspek Akhlak Melalui Kegiatan Ko-Kurikuler Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Mendeskripsikan Pembinaan Karakter Religius Pada Aspek kedisiplinan Melalui Kegiatan Ko-Kurikuler Pada Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Mumbulsari Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Mumbulsari Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi non-partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data condentation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) pembinaan karakter religius pada aspek ibadah melalui kegiatan ko-kurikuler pada siswa di MTs Darul Hikmah dilakukan dengan bekerjasama antara guru dan orang tua di luar jam sekolah atau ketika liburan. Kegiatan ko-kurikuler di MTs Darul Hikmah dikemas melalui program Rohis (Forum Pembelajaram Dakwah dan Berbagi Pengetahuan Islam), yaitu kegiatan pendukung dalam rangka memperluas pengetahuan keagamaan dan membiasakan peserta didik untuk beribadah sholat dan mengaji. 2) pembinaan karakter religius pada aspek akhlak melalui kegiatan ko-kurikuler pada siswa di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dengan mengadakan kegiatan positif bernunsa religius di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah seperti mengadakan bimbingan ibadah shalat dan belajar mengaji agar siswa menjadi terbiasa beribadah kepada Allah sebagai wujud pengabdiannya kepada sang pencipta, serta membiasakan mengucap salam santun sebelum kegiatan berlangsung maupun ketika berinteraksi. 3), pembinaan karakter religius pada aspek disiplin melalui kegiatan ko-kurikuler di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember yaitu dengan membiasakan perilaku disiplin dengan tepat waktu dan disiplin yang tertib terhadap aturan-aturan yang diberlakukan oleh sekolah sehingga peserta didik sadar akan kewajibannya melakukan kegiatan tersebut dengan penuh kerelaan bukan karena paksaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 08:33 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 08:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3418 |
Actions (login required)
View Item |