Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Di Seksi Pendidikan Madrasah (PENDMA) Kementerian Agama Kota Probolinggo

Sisca Ruwaida, Lutfiah Amin (2024) Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Di Seksi Pendidikan Madrasah (PENDMA) Kementerian Agama Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-002-MD-2024)
Skripsi - Sisca Ruwaida L.A.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB)

Abstract

Enterprise Management Information System (EMIS) yang dirancang untuk mengelola data dan informasi dalam skala besar. Input dan olah data menjadi faktor utama dalam keberhasilan EMIS. Dengan demikian, perlu adanya optimalisasi EMIS untuk mengatasi kesalahan dalam mengelola data. Mengenai hal tersebut dapat dilakukan dengan memastikan setiap data yang diperoleh sudah valid.
Fokus dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan madrasah di Kementerian Agama Kota Probolinggo? 2) Bagaimana dampak Sistem Informasi Manajemen terhadap peningkatan kualitas pelayanan pendidikan madrasah di Kementerian Agama Kota Probolinggo? dan 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pelayanan pendidikan madrasah di Kementerian Agama Kota Probolinggo?
Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan optimalisasi Sistem Informasi Manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan madrasah di Kementerian Agama Kota Probolinggo. 2) Bagaimana dampak Sistem Informasi Manajemen terhadap peningkatan kualitas pelayanan pendidikan madrasah di Kementerian Agama Kota Probolinggo? dan 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pedukung dan penghambat dalam meningkatkan pelayanan pendidikan madrasah di Kementerian Agama Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber,waku dan teknik.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Optimalisasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan Pendidikan Madrasah di KEMENAG Kota Probolinggo memberikan sebuah pelayanan yang baik yaitu, pelayanan pendidikan di madrasah telah ditingkatkan secara signifikan dengan peningkatan efisiensi dalam pengelolaan data siswa, guru, dan sarana prasarana pendidikan. 2) Dampak Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Madrasah Di KEMENAG Kota Probolinggo yaitu melalui pelatihan dan bimbingan, pihak madrasah menjadi lebih responsif dalam menangani tugas EMIS, mengurangi kesalahan data, dan menghindari keterlambatan dalam pengisian informasi dan 3) Faktor Pendukung dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Madrasah Di KEMENAG Kota Probolinggo yaitu Akses data yang cepat dan mudah, pelatihan yang memperkuat responsivitas dalam pengerjaan EMIS tepat waktu, sumber daya manusia dari pendma di lapangan yang mencukupi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Ketergantungan pada sinyal jika menggunakan aplikasi EMIS secara bersamaan dan tantangan dalam pengumpulan data yang akurat dan terkini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sisca Sisca Ruwaiada Lutfiah Amin
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:42
Last Modified: 09 Aug 2024 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item View Item