Studi Komparasi Penentuan Harga Dan Perolehan Laba Pada Penjualan Produk Berbasis Online Dan Offline Oleh Toko Blossom Cosmetics Jember

Iryanti, Dafira Saula Widya (2024) Studi Komparasi Penentuan Harga Dan Perolehan Laba Pada Penjualan Produk Berbasis Online Dan Offline Oleh Toko Blossom Cosmetics Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-135-ES-2024)
SKRIPSI DAFIRA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (40MB)

Abstract

Penentuan harga dan perolehan laba merupakan hal penting bagi perusahaan dalam melakukan penjualan. Toko Blossom Cosmetics Jember merupakan salah satu toko kosmetik yang berada di pusat kota Jember. Dengan melakukan dua cara penjualan yaitu, penjualan online dan offline sebagai tempat mempromosikan produk-produk yang dijual.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik penjualan produk berbasis online dan offline oleh Toko Blossom Cosmetics Jember? 2) Bagaimana komparasi penentuan harga pada penjualan produk berbasis online dan offline oleh Toko Blossom Cosmetics Jember? 3) Bagaimana komparasi perolehan laba pada penjualan produk berbasis online dan offline oleh Toko Blossom Cosmetics Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana praktik penjualan produk berbasis online dan offline oleh Toko Blossom Cosmetics Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana komparasi penentuan harga pada penjualan produk berbasis online dan offline oleh Toko Blossom Cosmetics Jember. 3) Untuk mengetahui bagaimana komparasi perolehan laba pada penjualan produk berbasis online dan offline oleh Toko Blossom Cosmetics Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh dengan Teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik penjualan produk berbasis online dan offline di Toko Blossom Cosmetics Jember ada 4 (empat) macam, yaitu pelayanan yang ramah, terdapat diskon dan gift, berkolaborasi dengan influencer, dan membuat konten yang menarik. 2) Studi Komparasi penentuan harga pada penjualan produk berbasis online dan offline di Toko Blossom Cosmetics terdapat 2 (dua) macam tahap yaitu, tahap menyeleksi tujuan penentuan harga dan tahap menentukan permintaan. Kemudian harga penjualan online lebih mahal dibandingkan penjualan offline. 3) Studi komparasi perolehan laba pada penjualan produk berbasis online dan offline di Toko Blossom Cosmetics lebih besar pada penjualan offline dibandingkan dengan penjualan online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Dafira Saula Widya Iryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:50
Last Modified: 10 Jul 2024 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34190

Actions (login required)

View Item View Item