Penggunaan Metode Active Learning Tipe True or False untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII B di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024

maharani, nova (2024) Penggunaan Metode Active Learning Tipe True or False untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII B di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-027-IPS-2024)
NOVA MAHARANI _ Watermarx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

kata kunci: Active learning tipe true or false, hasl belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Berdasarkan latar belakang penelitian ini yang ditemukan di SMP Negeri 1 Rambipuji, terdapat penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi yang digunakan oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode pembelajaran ceramah, sehingga pembelajaran mengakibatkan peserta didik bosan dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode Active Learning tipe True or False dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII B di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024. Fokus penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode pembelajaran active learning tipe True or false efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII B di SMP Negeri 1 Rambipuji?
Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran active learning tipe True or false dalammeningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII B di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan
dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi belajar siswa dan tes soal. Kemudian analisis data menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa metode Active Learning tipe True or False efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat dari perolehan nilai dari setiap siklusnya. Pada Siklus I hasil klasikal dengan presentase 61%, dan siklus II dengan presentase 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa metode Active Learning tipe True or False efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: nova maharani
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:11
Last Modified: 03 Jul 2024 04:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34202

Actions (login required)

View Item View Item