Salsabila, Nanda Loveana (2024) Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa KPI UIN KHAS Jember Angkatan 2020. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text (SK-065-KPI-2024)
SKRIPSI SIDANG.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) |
Abstract
Penggunaan media merupakan salah satu kebutuhan utama setiap manusia
karena didalamnya terdapat informasi, hiburan, pendidikan. Kemajuan teknologi
dan informasi yang semakin canggih telah membawa dunia ke dalam genggaman
kita. Pada era saat ini informasi atau ilmu keagamaan dapat kita dapatkan tidak
hanya jika mengikuti kajian secara offline tetapi secara online juga bisa. Oleh
karena itu, akan lebih baik jika media online digunakan untuk dakwah untuk
mendukung keberhasilan dakwah sebelumnya melalui media lainnya. Untuk
beberapa alasan, dakwah melalui internet dianggap sangat efektif dan potensial.
Motif menggunakan Instagram pun bermacam-macam, mulai dari menemukan
teman baru, mengetahui informasi terbaru, sarana bisnis hingga eksistensi
kepribadian seseorang. oleh karena itu, permasalahan yang muncul dari motif
pengguna Instagram saat ini menunjukkan bahwa apa yang dilihat di Instagram
mungkin tidak mencerminkan keadaan sebenarnya.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui motif apa saja yang muncul
pada mahasiswa KPI UIN KHAS Jember dalam menggunakan media. Yang kedua
Untuk mengetahui perilaku yang muncul pada mahasiswa KPI UIN KHAS
Jember pada saat menggunakan media sosial. Tujuan nya adalah untuk
mengetahui motif dan bagaimana perilaku mahasiswa UIN KHAS Jember
menggunakan media. Kualitatif deskriptif merupakan metode yang di gunakan
dalam penelitian ini, lalu populasinya terdiri dari mahasiswa Komunikasi dan
Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Kiyai Haji Achmad Siddiq Jember
angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel purposive digunakan untuk penelitian
ini. Jenis wawancara yang diaplikasikan pada penelitian ini adalah wawancara
semi terstruktur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang mendorong penggunaan
di Instagram sangat beragam, termasuk motif informasi, motif hiburan, dan motif
integrasi atau ineraksi sosial. teori yang di aplikasikan dalam penelitian ini adalah
teori penilaian sosial. perilaku yang muncul pada mahasiswa pengguna media
sosial bermacam macam salah satunya mencari pengetahuan tentang hal yang
mereka minati seperti, cara menggunakan aplikasi canva atau Menonton video
pembelajaran tentang teknik fotografi, videografi, dan seni. Dengan demikian,
alasan dan tujuan penggunaan media adalah dua komponen yang saling terkait.
Untuk mengetahui bagaimana latar belakang seseorang mengakses media sosial
Instagram, mereka harus memikirkan apa yang mendorong mereka untuk
melakukannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | nanda loveana Salsabila |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34209 |
Actions (login required)
View Item |