Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IX di MTs Al-Firdaus Panti Tahun 2023/2024

Syarifah, Maulidatusy Syahrisy (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IX di MTs Al-Firdaus Panti Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-043-TADRIS-IPS-2024)
MAULIDATUSY SYAHRISY SYARIFAH_204101090005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar pada saat pembelajaran IPS di MTs Al-Firdaus Panti Jember. Salah satu faktor yang melatar belakangi rendahnya motivasi belajar yaitu siswa kurang tertarik dengan materi IPS karena kurangnya pemahaman tentang keterkaitan materi tersebut dengan kehidupan nyata. Melihat kondisi ini, peneliti percaya bahwa rendahnya motivasi belajar siswa juga disebabkan oleh kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mendukung gagasan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis informasi dan teknologi (IT) akan bermanfaat. Pemanfaatan media digital yang tersedia di smartphone, seperti media pembelajaran berbasis augmented reality, diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar siswa IPS kelas IX pada MTs Al-Firdaus Panti Jember. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji ada atau tidaknya penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar siswa IPS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas IX yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX A yang berjumlah 29 sebagai kelas kontrol dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa di MTs Al-Firdaus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independen Sampel T-Tes. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil uji-t pada angket motivasi belajar siswa diperoleh nilai signifikan sebesar 0,037 yang lebih rendah dari taraf signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05. Oleh karena itu hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality dalam meningkatkan motivasi belajar siswa IPS kelas IX pada MTs Al-Firdaus Panti Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Maulidatusy Syahrisy Syarifah
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:25
Last Modified: 09 Jul 2024 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34219

Actions (login required)

View Item View Item