Strategi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) dalam meningkatkan kesejahteraan fakir Miskin di Lembaga Amil ZAkat Yatim Mandiri Jember

Salwah, Tatik (2024) Strategi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) dalam meningkatkan kesejahteraan fakir Miskin di Lembaga Amil ZAkat Yatim Mandiri Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text (SK-006-ZAWA-2024)
Tatik Salwah_E20194009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tatik.Salwah, 2023. Stategi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) dalam meningkatkan kesejahteraan fakir miskin di lembaga amil zakat yatim mandiri jember
Kata Kunci : Strategi Pemberdayaan, Kesejahteraan Fakir Miskin di LAZNAS
Pemberdayaan merupakan aspek penting dalam pengembangan perekonomian masyarakat. Hal ini dikarenakan pengembangan perekonomian masyarakat banyak memanfatkan sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat. Masyarakat memiliki peran penting untuk menunjang keberhasilan pengelolaan usaha sehingga masyarakat yang tidak berdaya perlu diberdayakan untuk menciptakan kemandirian dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana strategi LAZNAS Yatim Mandiri dalam menjalankan kesejahteraan fakir miskin di LAZNAS jember?. 2). Kendala apa saja yang dialami LAZNAS dalam menjalankan stategi pemberdayaan ekonomi masyarakat?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1). Mengetahui strategi LAZNAS yatim mandiri dalam menjalankan kesejahteraan fakir miskin di lembaga yatim mandiri. 2). Mengetahui kendala apa saja yang telah terjadi setelah menjalankan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat di lembaga yatim mandiri jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive dan Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini meneliti tentang pemberdayaan masyarakat yang ada di LAZNAS Yatim Mandiri Jember dengan melihat potensi yang ada, dari hasil penelitian banyak ditemukan hal baik dan menarik untuk diteliti 1). Menambah peluang penghasilan bagi Masyarakat. 2). Mengurangi pengangguran serta mengurangi kejahatan di wilayah tersebut dan melatih masyarakat dengan memberikan usaha supaya kedepannya lebih Sejahtera atau lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Tatik Salwah
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:42
Last Modified: 10 Jul 2024 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34226

Actions (login required)

View Item View Item