Analisis Manajemen Risiko Operasional Zakat Di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember

riya, Badriya (2024) Analisis Manajemen Risiko Operasional Zakat Di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI BADRIYA WATERMAK (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen risiko merupakan suatu pendekatan atau metodologi terstruktur untuk mengelola ketidakpastian yang terkait dengan bahaya dan ancaman. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui manajemen risiko operasional zakat di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember dan mengetahui dampak manajemen risiko operasional zakat di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian di LAZ Nurul Hayat Jember yaitu 1) Manajemen risiko di LAZ Nurul Hayat Jember sudah di terapkan namun belum ada panduan tersendiri untuk manajemen risikonya. Risiko yang terjadi di LAZ Nurul Hayat yaitu 7 risiko yang teridentifikasi yakni meliputi risiko dana penghimpun, risiko dana penyaluran, risiko dana produktif, risiko penghimpunan dana, risiko manajemen penyaluran dana risiko infrastruktur jaringan/IT, dan risiko pengembangan. 2) Dampak dari manajemen risiko di LAZ Nurul Hayat Jember adalah pengurangan risiko kerugian. Hal ini berarti bahwa melalui penerapan manajemen risiko yang efektif, berbagai jenis risiko yang dihadapi oleh lembaga dapat diidentifikasi, dianalisis, kemudian di mitigasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Badriya riya
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:23
Last Modified: 27 Jun 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34233

Actions (login required)

View Item View Item