Upaya Dinas Lingkungan Hidup dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Limbah Pabrik Kopi di Sungai Desa Mulyorejo Kecamatan silo Kabupaten Jember

Solehah, Riska Hidayatus (2024) Upaya Dinas Lingkungan Hidup dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Limbah Pabrik Kopi di Sungai Desa Mulyorejo Kecamatan silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-063-HTN-2024)
SKRIPSI RISKA HIDAYATUS SOLEHAH 3 wartermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pencemaran atau kerusakan lingkungan terjadi karena ulah manusia itu sendiri, kerusakan tersebut banyak menyebabkan kerugian dalam kehidupan salah satunya adalah pencemaran air dan penghirupan udara yang tidak segar yang mengakibatkan buruk terhadap kesehatan. Salah satu penyebab pencemaran lingkungan adalah membuang limbah kulit kopi yang langsung dibuang kesungai, terutama yang terjadi di pabrik kopi Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.Kurangnya pemahaman terkait dengan pengelolaan (IPAL) adalah suatu faktor tejadinya pencemaran, sehingga bagaimana hak pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Jember dalam menegakkan hukum akibat dari pencemaran limbah kulit kopi.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Apa upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi pencemaran limbah kopi di Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup terhadap pencemaran limbah kopi tersebut?
Bentuk atau jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum emipiris (empirical research) dengan menggunakan dua metode yaitu pendekatan perundang- undangan dan pendekatan studi kasus.Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dan studi pustaka.
Kesimpulan penelitian ini 1) Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Jember dalam mengatasi pencemaran limbah pabrik kopi di Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember yaitu dengan melakukan pembinaan dan pengawasan.Upaya pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup adalah dengan melakukan kunjungan terhadap setiap usaha.Sedangkan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup ini dengan dilakukan setiap enam bulan sekali dan mereka yang mempunyai kegiatan usaha wajib melaporkan hasil limbah produksinya yang dibuang ke media lingkungan.Tetapi sistem pengawasan ini belum telihat maksimal karena masih ada yang membuang limbahnya langsung ke sungai seperti yang dilakukan oleh pabrik kopi di Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, Dinas Lingkungan Hidup mengatasinya dengan beberapa tahapan yaitu dengan registrasi pengaduan, koordinasi dengan bidang terkait, koordinasi dengan camat/ wilayah setempat kewenangan penyelesaiann pengaduan.Dan setiap pengaduan di selesaikan secara berjenjang mulai dari wilayah sampai kabupaten. 2) Setiap manusia mempunyai hak dan kewajiban atas terjaga kelestarian lingkungannya, karena keberadaan masyarakat ini akan efektif dan optimal didalam pengawasan terhadap aktivitas perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Riska Hidayatus Solehah
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:55
Last Modified: 17 Jul 2024 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item View Item