Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Jember Tahun pelajaran 2023/2024

Devi, Alya Fortuna (2024) Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Jember Tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 007 - PAI - 2024)
Alya Fortuna Devi skripsiwatermak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK
Alya Fortuna Devi, 2024: PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN FIKIH MADRASAH TSANAWIYAH ANNURIYAH JEMBER TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Kata Kunci: Video Animasi, Motivasi Belajar, Siswa.
Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Seseorang akan mendapat hasil yang diinginkan dalam belajar apabila dalam dirinya terdapat keinginan untuk belajar. Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong untuk pencapaian hasil yang baik. Seseorang akan melakukan suatu kegiatan karena ada motivasi dalam dirinya. Adanya motivasi yang tinggi dalam belajar akan mencapai hasil yang optimal. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di Mts Annuriyah Jember melihat bahwa dalam proses pembelajaran siswa sering mengantuk, kurang aktif dalam proses pembelajaran dan mengobrol dengan teman sebangku. Dari wawancara beberapa siswa mengatakan siswa merasa bosan karena dalam setiap pembelajaran tidak adanya media dalam menyampaikan materi, sehingga menyebabkan mereka bosan dan sering tertidur.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media video animasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata , penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Taggart. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK Partisipan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Jember yang berjumlah 23 siswi, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam peneli tian ini menggunakan presentase dan kriteria skor. Selanjutnya, keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian bahwa penggunaan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII Mts Annuriyyah Jember, menunjukkan adanya peningkatan. hal tersebut dapat dilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa, pada tahap pra siklus terlihat presentase motivasi siswa yaitu 68% termasuk kategori kurang, Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan yaitu menjadi 77% termasuk kategori baik, Dan pada siklus II hasil angket motivasi meningkat menjadi 88% dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alya Fortuna Devi
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:05
Last Modified: 02 Jul 2024 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34259

Actions (login required)

View Item View Item