Muhammad, Juliandry (2021) “Implementasi Sistem Pendidikan Boarding School dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum pada Masa Pandemi”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Muhammad Juliandry_T20171084.pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Juliandry, 2021: “Implementasi Sistem Pendidikan Boarding School dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum pada Masa Pandemi”. Kata Kunci: Sistem Pendidikan Boarding School, karakter siswa, sekolah menengah pertama terpadu madinatul ulum Di sekolah, kondisi objektif pembelajaran secara umum menunjukkan bahwa banyak guru yang belum memahami konsep pengelolaan pembelajaran. Contoh spesifiknya adalah sebagian besar guru tidak dapat menulis desain program pembelajaran, tetapi hanya dapat menyalinnya dari berbagai buku atau internet, sehingga materi yang diajarkan tidak sesuai dengan tujuan dan kebutuhan siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran, sebagian besar guru hanya menggunakan metode pengajaran, dan media pembelajaran sangat kurang. Sedangkan pada tahap penilaian pembelajaran, guru biasa hanya menggunakan satu elemen penilaian dalam pembelajarannya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi sistem pendidikan boarding school dalam membentuk karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum? 2) Bagaimana implementasi sistem pendidikan boarding school dalam membentuk karakter disiplin siswa Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi sistem pendidikan boarding school dalam membentuk karakter religius di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum, 2) Mendeskripsikan implementasi sistem pendidikan boarding school dalam membentuk karakter disiplin Siswa Sekolah Menengah Perama Terpadu Madinatul Ulum. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Kondensasi (Condensation), Penyajian data (Data Display), dan kesimpulan (Conclusion). Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil peneltian memperoleh kesimpulan 1) Implementasi sistem pendidikan boarding school dalam membentuk karakter religius di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum adalah dengan menerapkan kebiasaan sholat berjamaah dan doa sebelum dan sesudah melaksanakan proses belajar mengajar; 2) Implementasi sistem pendidikan boarding school dalam membentuk karakter disiplin di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Madinatul Ulum adalah dengan menanamkan kebiasaan kedisiplinan berupa disiplin waktu, disiplin belajar, dan disiplin dalam bersikap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 08:56 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 08:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3426 |
Actions (login required)
View Item |