Pelaksanaan Tarekat Naqsyabandiyah Al-khalidiyah Wa Qadiriyah dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al- Amien Sabrang Ambulu Jember

Mubarok, Ahmad Fiki (2024) Pelaksanaan Tarekat Naqsyabandiyah Al-khalidiyah Wa Qadiriyah dalam membentuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al- Amien Sabrang Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 011 - PAI - 2024)
baru SKRIPSI AHMAD FIKI MUBAROK Watermarx.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Fiki Mubarok, 2024: Pelaksanaan Tarekat Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah Wa Qadiriyah dalam Membentuk Akhlak Santri Pondok Pesantren Al Amien Sabrang Ambulu Jember
Kata kunci : Tarekat Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah Wa Qadiriyah, Akhlak dan Santri Pondok Pesantren Al Amien
Pesantren yang masyhur sebagai lembaga pendidikan berbasis pembentukan karakter, dengan berbagai sistem dan program unggulan yang dicanangkan, tak lantas secara instan mampu menyulap santri menjadi pribadi baik sepenuhnya. Hal ini tak bisa dielakkan dari beberapa siaran di media massa, walau tidak banyak namun di setiap tahunnya beredar informasi yang kurang etis seperti kasus bullying yang dilakukan oleh santri. Beberapa pesantren menyikapi hal tersebut memilih untuk mengarahkan para santri masuk dalam ajaran akhlak berbasis tasawwuf yang dikenal dengan istilah tarekat / thariqah. Pondok Pesantren Al Amien merupakan salah satunya yang tak hanya mendidik akhlak santri melalui pelajaran kitab kuning melainkan juga pada amaliah yang dalam hal ini Tarekat Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah Wa Qadiriyah.
Fokus masalah yang dibahas antara lain: 1) Bagaimana Pelaksanaan Tarekat Naqsyabandiyah al-Khalidiyah wa Qadiriyah di Pondok Pesantren Al-Amien? 2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan Tarekat dalam membetuk akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Amin? Adapun signifikansinya ialah: 1) Mendeskripsikan seperti apa pelaksanaan Tarekat Naqsyabandiyah al-Khalidiyah wa Qadiriyah di Pondok Pesantren Al-Amien. 2) Memaparkan hasil dari pelaksanaan Tarekat terhadap akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Amin.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah termasuk kualitatif-deskriptif dengan jenis studi lapangan (field research). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teori miles dan huberman, yakni dengan cara kondensasi data, penampilan data lalu membuat konklusi dan verifikasi.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Secara umum pelaksanaan tarekat Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah wa Qadiriyyah di pondok pesantren Al-Amien tidak jauh beda sebagaimana yang dilaksanakan di berbagai macam daerah. Kendati pun setiap tempat kadang mempunyai karakteristik tersendiri. Sebagaimana di pondok pesantren Al-Amien, yang mengawali kegiatan khusuiyah tiap selasa pahing dengan ngaji kitab Hikam di Masjid. Baiat Kubro hanya dilakukan sekali setahun, yakni selasa pahing bulan muharram, bertepatan dengan haul akbar masyayikh pondok pesantren Al-Amien. Untuk lama masa suluknya umum antara 10, 20, 30 dan ada juga yang paling lama 60 hari. 2) Terdapat perbedaan signifikan antara santri biasa dengan yang sudah masuk dan mengamalkan tarekat Naqsyabandiyyah Al-Khalidiyyah wa Qadariyyah. Utamanya jika ditinjau dari aspek Tawaduk, Ikhlas, Sabar dan Qonaah, empat hal ini menjadi poin plus bagi para pengamal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Fiki Mubarok
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:40
Last Modified: 01 Jul 2024 04:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item View Item