Hak Khiyar Pada Jual Beli Cash On Delivery Pada Marketplace Lazada Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember

Ahyar, Abdul Ghoni (2024) Hak Khiyar Pada Jual Beli Cash On Delivery Pada Marketplace Lazada Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-030-HES-2024)
Abdul Ghoni Ahyar_S20182133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Abdul Ghoni Ahyar, 2024; Hak Khiyar Pada Jual Beli Cash On Delivery Pada Marketplace Lazada Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember)

Kata Kunci : Hak Khiyar, Cash On Delivery, lazada, Hukum Ekonomi Syariah

Transaksi jual beli adalah bentuk aktivitas ekonomi manusia yang sangat
dianjurkan dalam ajaran Islam. Seiring dengan perkembangan platform marketplace untuk transaksi jual beli online, muncul berbagai permasalahan. Salah satu masalah utama adalah ketidaksesuaian produk. Barang yang diterima konsumen sering kali tidak sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan di situs toko online, baik dari segi spesifikasi, jenis, maupun kualitas. Ketika konsumen mengajukan komplain untuk pengembalian dana (refund), tidak semua penjual merespons keluhan tersebut dengan baik. Fokus penelitian ini ada tiga antara lain. : 1) Bagaimana praktik jual beli
Cash On Delivery pada marketplace Lazada di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?2)Bagaimana tinjauan hak Khiyar pada jual beli di marketplace Lazada dalam perspektif Hukum ekonomi syariah di Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember?3)Bagaimana permasalahan Cash On Delivery pada marketplace Lazada di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? Tujuan penelitian yang merupakan gambaran umum dari sebuah
penelitian. : 1)Untuk mengetahui bagaimana praktek jual beli Cash On Delivery pada marketplace lazada di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2)Untuk mengetahui bagaimana hak hiyar pada jual beli marketplace lazada dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 3)Untuk mengetahui bagaimana permasalahan Cash On Delivery pada marketplace Lazada di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Jenis penelitian yang dipakai ini termasuk penelitian yuridis empiris.
Penelitian yuridis empiris merupakan penelitian hukum yang didasarkan pada data primer/dasar dari masyarakat sebagai sumber utama dengan melalui penelitian lapangan.
Kesimpulan ini menunjukkan 1). Praktik jual beli Cash On Delivery terjadi
karena dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan memungkinkan penerapan konsep khiyar, khususnya Khiyar Ru’yah. Hal ini mendukung perlindungan hak pembeli dan meningkatkan kepercayaan dalam bertransaksi online., 2). Tinjauan hak khiyar pada jual beli di marketplace Lazada di UIN KHAS Jember menunjukkan bahwa praktik ini sesuai dengan prinsip syariah. Hal ini memastikan kedua belah pihak puas dan tidak dirugikan. 3). Permasalahan Cash On Delivery pada marketplace Lazada di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mencakup ketidaksesuaian antara barang yang dipesan dan diterima oleh beberapa responden. Meskipun ada opsi pengembalian barang, prosedur dan kesepakatan antara penjual dan pembeli bervariasi, memerlukan konsistensi dan klarifikasi dalam kebijakan pengembalian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Abdul ghoni Ahyar
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:34
Last Modified: 16 Jul 2024 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item