Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo

Camelia, Nabila (2024) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-086-PAI-2024)
Nabila Camelia T20191014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Program, Tahfidz Al-Qur’an
Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo ini memiliki program sekolah yaitu tahfidz Al-Qur’an yang merupakan program unggulan. Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota probolinggo yang merupakan satu-satunya sekolah SLTP yang memiliki program tahfidz. Sebelumnya program tahfidz Al-Qur’an hanya dijadikan sebagai ekstrakurikuler sekolah. Akan tetapi kepala sekolah membentuk program kelas tahfidz yang terdiri dari kelas VII tahfidz, VIII tahfidz dan kelas IX tahfidz.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya untuk mengungkapkan fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo? 2) Bagaimana pelaksanaan program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo? 3) Bagaimana evaluasi program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo. 3) Untuk mendeskrispsikan evaluasi program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo yaitu: mengadakan diskusi anatara kepala sekolah dan dewan guru sehingga terbentuklah program kelas tahfidz Al-Qur’an dengan target hafalan tiga juz selama ditempuh tiga tahun. Kelas tahfidz Al-Qur’an dilaksanakan empat kali dalam seminggu dimulai dari jam 06.30-07.30 dilakukan setiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Jum’at. 2) Pelaksanaan program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo yaitu: dimulai dengan pembacaan asmaul husna bersama-sama kemudian murojaah dan setoran ayat-ayat Al-Qur’an dikelas masing masing dengan menggunakan metode talaqqi dan menggunakan buku kontrol siswa. 3) Evaluasi program kelas VIII tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo program tahfidz tidak terdapat waktu tertentu dalam mengevaluasi dan program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Probolinggo ini memberikan respon positif terhadap masyarakat sekitar. Adapun evaluasi pembelajaran program tahfidz yaitu: Evaluasi formatif yaitu penilaian harian murojaah dan setoran hafalan, sedangkan evaluasi sumatif evaluasi semester dan tahunan untuk aspek yang dinilai yaitu kelancaran membaca, tajwid dan makhorijul hurufnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Nabila Camelia
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:27
Last Modified: 08 Jul 2024 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34294

Actions (login required)

View Item View Item