Penerapan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII A Di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024

Toyib, Muhammad (2024) Penerapan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII A Di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-012-IPS-2024)
Skripsi Muhammad Toyib tahun 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Quizizz, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Berdasarkan latar belakang penelitian ini yang ditemukan di SMP Negeri 1 Rambipuji, terdapat penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi atau bahkan belum sama sekali diterapkan oleh guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII A di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Fokus penelitian ini adalah : Apakah penerapan media pembelajaran Quizizz efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII A di SMP Negeri 1 Rambipuji?. Tujuan Penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran Quizizz terhadap masalah hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VIII A SMP Negeri 1 Rambipuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi belajar siswa dan tes soal. Kemudian analisis data menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM).
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaraan Quizizz efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini terlihat dari perolehan nilai dari setiap siklusnya. Pada Siklus I hasil klasikal dengan persentase 40%, Siklus II 60%, dan siklus III dengan persentase 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan media pembelajaraan Quizizz efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Muhammad Toyib
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:16
Last Modified: 03 Jul 2024 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34303

Actions (login required)

View Item View Item