Implementasi Sertifikasi Halal Terhadap Produk Makanan UMKM di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi

Hikam, Ahda (2024) Implementasi Sertifikasi Halal Terhadap Produk Makanan UMKM di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ahda Syadid Hikam, 2024: Implementasi Sertifikasi Halal Terhadap Produk Makanan Umkm Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Kata Kunci: Implementasi, Sertifikasi Halal, Produk Makanan, Usaha Mikro/UMKM.

Umat Islam diperintahkan untuk hanya mengonsumsi makanan halal sesuai ajaran Islam. Sebagai umat Islam, kita dilarang keras mengonsumsi makanan haram. Menyikapi hal tersebut, pemerintah mengambil tindakan cepat dengan mengesahkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 yang menjamin ketersediaan produk halal dan berupaya meredakan kekhawatiran masyarakat terhadap keselamatan dan keamanan produk tersebut. Hal ini berpotensi mendongkrak nilai yang diperoleh pelaku usaha dari pembuatan dan penjualan produk.
Tesis ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi, bagaimana implementasi UU No. 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal mempengaruhi kewajiban halal produk pangan UMKM? 2) Bagaimana usaha kecil dan menengah (UKM) di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi dapat memperoleh manfaat dan kendala apa saja yang mungkin mereka hadapi dalam upaya mendapatkan sertifikasi halal?
Tujuan utama studi ini adalah untuk mengetahui, di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, sejauh mana produk makanan dan minuman usaha kecil dan menengah (UMKM) muslim telah memenuhi persyaratan halal yang tertuang dalam UU No. 33 Tahun 2014. 2) Di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, kami bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan faktor pendukung sertifikasi halal bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field resrch) dan metode penelitian deskriptif kualitatif sebagai metodologinya. Metode pengumpulan informasi antara lain membuat catatan, melakukan wawancara, dan mengamati peristiwa.
Salah satu hal penting yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi halal bagi UMKM di Kecamatan Muncar Banyuwangi. dalam rangka sosialisasi informasi terkait sertifikasi halal kepada pemangku UMKM melalui komunikasi. 2) Produsen tradisional dan produsen di pedesaan belum mendapat informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: mr Ahda Hikam
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:48
Last Modified: 28 Jun 2024 02:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34338

Actions (login required)

View Item View Item