Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS kelas VIIDi MTs Al Mubarak Bagon Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Fiqriyah, Avi Zakiyatul (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPS kelas VIIDi MTs Al Mubarak Bagon Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas IsIam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK-042-TADRIS-IPS-2024)
avi zakiyatul fiqriyah_201101090025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Avi Zakiyatul Fiqriyah, 2024: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VII di MTs Al Mubarak Bagon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Tahun Ajaran 2023/2024.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Sosial, Kepekaan Sosial, Pembelajaran IPS

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, pendidikan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh. Namun, tantangan seperti rendahnya kepekaan sosial masih ditemukan, misalnya siswa yang tidak peduli terhadap lingkungan dan teman. Permasalahan ini terlihat di Kelas VII MTs Al Mubarak Bagon, Puger, Jember, di mana siswa sering kali tidak menghargai guru atau membantu teman yang kesulitan. Siswa yang aktif di kelas pun sering kali kurang peka terhadap lingkungan. Model pembelajaran inkuiri sosial yang mendorong pemahaman struktur materi dan pemikiran induktif dapat meningkatkan kepekaan sosial dan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran IPS.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan kepekaan sosial dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al Mubarak Bagon tahun ajaran 2023/2024? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan kepekaan sosial dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al Mubarak Bagon tahun ajaran 2023/2024.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakkan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data tentang aktivitas guru dan peserta didik didasarkan dari hasil lembar pengamatan selama tindakan dengan melihat kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan tindakan.

Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa model pembelajaran inkuiri sosial dapat meningkatkan kepekaan sosial siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kepekaan sosial siswa, yaitu pada siklus I sebesar 54% dengan kategori kurang peka, pada siklus II sebesar 68% dikategorikan cukup peka dan pada siklus III sebesar 83% dikategorikan peka. Maka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran inkuiri sosial efektif dalam mencapai target peningkatan kepekaan sosial siswa sesuai dengan yang diharapkan. Penerapan metode ini mampu merangsang pemikiran kritis dan refleksi siswa terhadap isu-isu sosial yang relevan, sehingga menghasilkan peningkatan yang berkesinambungan dalam pemahaman dan respons terhadap lingkungan sosial mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: avi zakiya fikria
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:26
Last Modified: 09 Jul 2024 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34363

Actions (login required)

View Item View Item