Pembinaan karakter relegius remaja memlaui majlis taklim Shoutul qolbi di desa sarimulyo kabupaten Banyuwangi

Fikri, Adib Ali (2024) Pembinaan karakter relegius remaja memlaui majlis taklim Shoutul qolbi di desa sarimulyo kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq jember.

[img] Text (SK-123-PAI-2024)
ADIB ALI FIKRI T20181034 REAL SKRIPSI watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Adib Ali Fikri, 2022: “Peran majelis taklim shouthul qolbi dalam pembinaan karakter religius remaja di desa Sarimulyo kabupaten Banyuwangi”.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis untuk mengetahui peran majelis taklim shouthul qolbi yang sangat dibutuhkan khususnya oleh remaja Desa Sarimulyo, yang didalamnya terdapat cara pembentukan karakter religius, baik yang berhubungan dengan Allah yang bersifat amaliyah maupun yang berhubungan dengan sesama manusia yang bersifat manusiawi. Majelis Taklim yang diselenggarakan oleh remaja Desa Sarimulyo, dalam majelis ini berisi kajian tentang Agama Islam dalam bidang fiqih, nahwu, tafsir, tauhid dan akhlak.
Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembinaan karakter religius remaja melalui Majlis Ta’lim Shoutul Qolbi di Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan karakter religius remaja melalui Majlis Ta’lim Shoutul Qolbi di Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembinaan karakter religius remaja melalui Majlis Ta’lim Shoutul Qolbi di Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan karakter religius remaja melalui Majlis Ta’lim Shoutul Qolbi di Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan Langkah-langkah: 1) Kondensi Data, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpulan. Untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu: triangulasi teknik, triangulasi sumber dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian ini, yaitu (1) dalam perencanaan Majlis, remaja Majlis Taklim Shouthul Qolbi menggunakan teknik musyawarah dan konsultasi untuk menentukan rencana Majlis. (2) terdapat tiga tahapan dalam pelaksanaan Majlis Taklim yaitu pra-Majlis, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Adib Ali fikri
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:30
Last Modified: 09 Jul 2024 05:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/34364

Actions (login required)

View Item View Item